Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Nama Taman Kota Ria Rio barangkali bukan nama yang asing. Nama tersebut erat kaitannya dengan Waduk Ria Rio. Waduk tersebut dibangun untuk mengurangi genangan air dan banjir, tetapi mengalami berbagai sengketa hingga daerah tersebut terbengkalai. Namun, pada tahun 2013, area waduk kembali dikeruk dan bagian baratnya dilengkapi dengan taman yang kini dikenal  dengan nama Taman Kota Ria Rio atau Taman Waduk Ria Rio.

Kini, area tersebut sudah dapat dijadikan tempat untuk berkreasi dan berkumpul masyarakat yang nyaman dengan pemandangan waduk yang tidak jauh dari taman. Taman ini berada di Jakarta Timur, tepatnya di Kayu Putih, Pulogadung. Taman dilengkapi dengan pedestrian dari conblock, bangku taman yang menyebar, dan tentunya berbagai tumbuhan.

Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Salah satu pohon yang menghiasi taman tersebut ialah pohon Baobab (Adansonia digitata), sebuah pohon besar dan berusia panjang. Batangnya mampu menyimpan air, sementara buah dan daun dapat dimanfaatkan untuk obat serta bumbu masakan. Ketinggiannya dapat mencapai 30 m dengan diameter batang sampai 7 m.

Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Selain Baobab, ada pula tumbuhan lain, seperti Yang Liu (Salix babylonia), ketapang kencana, melati jepang, anggrek, melati gambir, dan palem bismarkia. Di tepi taman, terdapat area terbuka setengah lingkaran dengan undakan di sisi satunya. Area tersebut dapat menjadi amphiteater mini. Selain itu, tedapat pula area yang didesain melingkar dan sekelilingnya ditanam pepohonan yang tentunya akan sangat teduh saat pohon tersebut sudah rimbun.

Jadi, tunggu apa lagi, ayo berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio! Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio! Berekreasi ke Taman Kota Ria Rio!

Foto: Didan N. Sardjono

LEAVE A REPLY