Berpetualang Dan Berbagi Pengalaman Seru Bersama Komunitas CouchSurfing

Jalan-jalan ke berbagai tujuan wisata di Indonesia apalagi keluar negeri tidak selalu membutuhkan biaya mahal. Dalam hal ini, Anda jangan terlalu terpaku pada “hebatnya” tempat yang hendak didatangi. Yang lebih penting adalah keberanian Anda untuk mengeksplorasi tempat baru dan mengenal budaya setempat. Misi inilah yang melatarbelakangi terbentuknya komunitas CouchSurfing.

Sejak didirikan oleh Casey Fenton, Dan Hoffer, Sebastien Le Tuan, dan Leonardo Bassani de Silveira pada tahun 2004 di Amerika Serikat, komunitas CouchSurfing kini berhasil menghubungkan lebih dari lima juta orang anggota yang tersebar di seluruh dunia.

Kegiatan FlashMob di Jakarta

Setiap tahunnya komunitas CouchSurfing menyelenggarakan acara tahunan yang disebut Surfing Indonesia Festives di mana ada puluhan kegiatan menarik seperti blogging contest, hitching race, pameran foto, kemping, workshop, konservasi penyu, dan bersih-bersih pantai.

Disamping kegiatan rutin tersebut, komunitas ini juga mengajak para anggotanya untuk bertualang ke berbagai penjuru kota dan negara di seluruh dunia, lalu menginap di rumah anggota setempat (secara gratis). Hal ini bertujuan agar anggota yang berkunjung bisa saling bertukar budaya, pengetahuan, pengalaman, dan menjalin pertemanan.

“Kami juga mengajak anggota untuk aktif dalam beragam event dan aktivitas seperti jalan-jalan bareng, wisata kuliner, bertukar pengetahuan atau informasi tentang tips traveling, tujuan traveling, dan informasi visa.”

Nah, jika Anda tertarik untuk bergabung dengan komunitas CouchSurfing, ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi. pertama, mempunyai kegemaran bertualang (traveling), lebih bagus lagi bila sudah mempunyai rencana bepergian. Kedua, memiliki tempat tinggal, bersedia membuka pintu rumahnya disinggahi oleh traveller lain dan ketiga, senang menolong, toleran terhadap perbedaan, dan berusia di atas 18 tahun.

www.surfing.org

LEAVE A REPLY