Bersihkan Mesin Cuci dari Segala Kuman

menghilangkan kuman pada mesin cuci

Tahukah Anda bahwa mesin cuci untuk membersihkan pakaian juga menyimpan kuman? Ada sekitar 25 persen kuman yang berasal dari pakaian tertinggal di dalam mesin. Fakta ini tentu sama sekali tidak mengenakkan, bukan? Pakaian yang diharapkan dapat bersih, bisa jadi tidak sepenuhnya bebas dari kuman karena mesin cuci juga telah terkontaminasi.

Oleh sebab itu, benda yang berfungsi sebagai pembersih tersebut juga harus “dicuci” agar segala kuman dapat dihilangkan. Tidak perlu bingung, karena ada cara mudah yang bisa dilakukan. Cukup sediakan cuka putih dan air hangat. Selamat mencoba!

1. Sebelum membersihkan, pastikan terlebih dahulu bahwa mesin cuci benar-benar dalam keadaan kosong, tidak terisi oleh pakaian. Periksa dengan teliti agar tidak ada pakaian atau celana yang tertinggal di dalamnya. Bila ada, hal tersebut bisa membuat rencana untuk membersihkan mesin gagal dilakukan.

2. Kemudian, tambahkan cuka ke tempat biasa Anda memasukkan deterjen. Bila mesin memiliki dua tempat yang berbeda untuk deterjen dan pelembut, pastikan bahwa cuka dituangkan di tempat deterjen. Masukkan sekitar satu liter cuka untuk mesin cuci top loading dan isi ¾ tempat deterjen bagi yang mempunyai mesin front loading (dengan ukuran tempat deterjen yang kecil).

3. Masukkan air panas atau setting mesin agar menggunakan air panas untuk menghilangkan segala kuman yang ada di dalamnya. Selain itu, pilih juga waktu putar yang paling lama yang ada di mesin.

4. Biarkan mesin menyala dan melakukan satu putaran tanpa pakaian di dalamnya untuk menghilangkan kuman. Campuran air dan cuka tersebut akan memebrsihkan bagian dalam mesin cuci tanpa bahan kimia yang tersisa.

5. Lakukan langkah ini secara rutin demi menjaga kebersihan mesin cuci, misal dua minggu atau satu bulan sekali. Mesin cuci bersih, pakaian pun bisa lebih bersih!

Sumber: brightnest

LEAVE A REPLY