oleh

Beton Ekspos Sebagai Elemen Arsitektur

Kepopuleran bangunan yang mengekspos beton pada dinding, plafon dan lantai saat ini masih terus berlanjut. Kesan unfinished seolah menjadi keunikan tersendiri sekaligus memunculkan karakter desain bangunan kontemporer.

Istilah beton ekspos sebenarnya merujuk pada tampilan asli tekstur dan warna dari semen pada dinding, lantai dan plafon. Tampilannya kemudian dibiarkan polos tanpa finishing lain seperti cat atau wall cover. Hasil cetakan beton pada plafon atau plesteran pada dinding bata tersebut, selanjutnya diperhalus dengan acian semen untuk meratakan permukaan dan menutup lubang-lubang akibat ketidaksempurnaan campuran agregat pada proses pengecorannya.

Dengan penampilan material asli tersebut, secara tidak langsung akan menghemat biaya pembangunan karena mengurangi pekerjaan finishing. Selain itu, secara jangka panjang juga meminimalkan biaya perawatan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika merencanakan bangunan eksotis dengan beton ekspos antara lain sebagai berikut.

  • Penggunaan semen instan untuk pelapis akhir lebih dianjurkan daripada cara konvensional yang harus mencampurkan semen, pasir, dan air. Dengan pemakaian semen instan akan diperoleh hasil yang lebih stabil dan rata untuk kepadatan dan diperoleh kualitas warna yang baik. Semen instan juga lebih menjaga kepadatan pori sehingga kedap air dan melapisi dengan sempurna.
  • Khusus untuk permukaan struktural seperti plafon dan lantai harus dirancang dengan kekuatan yang tinggi disesuaikan dengan beban yang akan menimpa bidang tersebut.
  • Untuk pengerjaan ini diperlukan tukang yang ahli dengan standar keterampilan yang tinggi karena meskipun pekerjaan simpel tetapi memerlukan pengerjaan detail dan rapi.
  • Pada lokasi yang teduh dan lembap sering menyebabkan permukaan berlumut yang disebabkan karena air hujan masuk ke dalam permukaannya yang berpori. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan semen instan khusus untuk menutup pori dengan sempurna atau menggunakan lapisan coating yang transparan dan doff hasilnya.

Lokasi : Kediaman di Jakarta Barat

About Author: Astri Diana

Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed