Bila Seniman Berkreasi Menutup Jalan Berlubang

Jalan yang berlubang merupakan momok bagi semua pengendara kendaraan baik mobil, motor, maupun sepeda. Tak hati-hati saat berkendara, bisa terjeblos ke dalamnya dan tak menutup kemungkinan berakibat fatal, seperti jatuh dari kendaraan atau mengalami kecelakaan.

Sayangnya, pemerintah kota dan dinas terkait biasanya tak cukup cepat untuk menutup dan memperbaiki jalan yang penuh lubang. Akhirnya, tak sedikit orang awamlah yang mengambil alih tugas tersebut. Seperti yang dilakukan seorang tukang becak di Surabaya yang meramaikan pemberitaan media belakangan ini.

Di Chicago, Amerika Serikat, sana, jalanan berlubang ini menarik perhatian serorang seniman bernama Jim Bachor. Seniman yang memang menggunakan keramik mozaik dalam berkarya ini, menggunakan media tersebut untuk menutup lubang-lubang yang ada di jalanan Chicago.

Keramik mozaik itu disusunnya menyerupai beragam bentuk bunga, hingga yang terbaru berbentuk aneka es krim, untuk menutup jalanan berlubang kota Chicago. Tentu saja lubang-lubang jalan yang ditutup dengan karya keramik mozaiknya terlihat cantik dan artistik.

Namun, memperindah jalanan kota bukan tujuan utama yang ingin disampaikan Jim melalui karyanya. Selain ingin meminimalkan jumlah korban yang berjatuhan akibat jalan berlubang, ini merupakan caranya protes untuk menarik perhatian pihak berwenang supaya segera menangani dan memperbaiki fasilitas umum kota yang rusak tersebut.

 

Sumber: boredpanda

LEAVE A REPLY