Cantiknya Bunga Kamelia untuk Taman di Rumah

Bunga ini terkenal karena pucuk daun, daun, dan rantingnya digunakan untuk membuat teh. Camellia sinensis atau yang dikenal dengan nama bunga kamelia memang termasuk dalam keluarga theaceae atau teh-tehan. Namun, tanaman ini sebenarnya memiliki mahkota bunga yang sangat cantik dengan warna-warna cerah yang memikat.

Berasal dari daratan Asia Selatan dan Tenggara, tanaman ini kini telah dibudidayakan di seluruh dunia. Tak hanya untuk minuman, tanaman ini bahkan sudah cukup lama populer sebagai penghias lansekap. Dengan bentuk mahkota bunga menumpuk serta baunya yang harum, kamelia jelas dapat mempercantik tampilan sebuah taman.

Walaupun tak seterkenal mawar, bunga ini dapat dijadikan sebagai alternatif. Secara umum, bunga ini berukuran besar dan berdiameter 1-12 cm, sementara panjang daunnya berkisar 4cm-15 cm. Dengan akar tunggang yang kuat, kamelia dapat tumbuh hingga ketinggian 6m. Namun, bunganya sendiri dapat berkembang ketika ketinggian mencapai 100cm.

Untuk perawatannya pun tidak sulit, hanya perlu diingat bahwa bunga ini tidak tahan terhadap kekeringan. Karena itu, siramlah secara teratur, tetapi tidak berlebihan. Selain itu, lakukan pemupukan dan pemangkasan secara rutin. Memotong beberapa pangkalnya merupakan salah satu cara agar tidak merusak tumbuhan lain dan menghindari bunga dari serangan hama. Tampilan bunga pun dapat lebih menarik dengan pemangkasan yang teratur. Selain untuk merapikan, tunas-tunas baru juga dapat bermunculan, terlebih bila dilakukan pada akhir musim kemarau.

Foto: 1zoomgardenguides

1 COMMENT

LEAVE A REPLY