Cantiknya Koleksi Pottery Bernuansa Jepang

  

Salah satu jenis tanah liat yang sekarang banyak digunakan di Indonesia adalah tanah liat jenis stoneware. Proses pembakaran jenis tanah liat ini dapat mencapai 1250 derajat Celcius sehingga hasilnya tidak mudah ditembus oleh air serta penyerapannya sekitar 2 persen sampai 5 persen, bila dilapisi dengan glazir. Jenis tanah liat stoneware inilah yang lebih banyak digunakan dalam industri rumah tangga dan manufaktur, seperti tea set atau tableware.

Salah satu keramikus nusantara yang menggeluti stoneware adalah Haryo Adiputro Soenggono. Sebagian besar karya pria lulusan Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia tahun 1998 ini sangat kental dengan sentuhan Jepang, baik untuk desain maupun warnanya.

Semua bentuk wadah yang dibuat Haryo didominasi oleh warna alam, terutama gradasi warna cokelat. Ini salah satunya dipengaruhi oleh pemilihan bahan baku yang digunakan yaitu berupa tanah Sukabumi, tanah Kalimantan, dan tanah yang terdapat di halaman rumahnya.

Usaha yang dirintis Haryo sejak awal tahun 2000 ini tumbuh tanpa dibantu oleh siapa pun. Sampai saat ini, usaha barang kerajinan keramik yang sudah ditekuninya ini juga semakin berkembang dan terus menerima desain khusus, terutama dari pengelola kafe-kafe dan hotel, seiring dengan berkembangnya pertumbuhan kafe-kafe di ibu kota yang makin marak.

Foto : Ifran Nurdin

Lokasi : Puspa Keramik – Jakarta Selatan

LEAVE A REPLY