Cantiknya Tanaman Kastuba

kastuba-merah
laidbackgardener

Kastuba atau yang juga dikenal dengan nama Poinsettia merupakan tanaman yang umum ditemui menjelang perayaan Hari Natal. Bila namanya asing, tampilan tumbuhan ini pasti mudah dikenali. Salah satu karakter fisik tanaman ini ialah daun bagian atas yang berwarna merah, sementara di bawahnya daun berwarna hijau.

Warna daun yang berwarna merah itulah yang terasa sesuai dengan berbagai hiasan Natal lainnya. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan masuk ke dalam famili Euphorbiaceae. Sementara namanya, Poinsettia diambil dari nama duta besar pertama Amerika Serikat untuk Meksiko, Joel Roberts Poinsett yang pertama kali memperkenalkan tumbuhan ini di negaranya.

poinsettias
heartland gardening

Kastuba termasuk tanaman yang mudah untuk dikembangkan, dapat dengan stek atau cangkok. Tumbuhan perdu tersebut mamiliki ketinggian mulai dari 60 cm hingga 4 meter. Daun yang berwarna merah seringkali dianggap sebagai bunganya, padahal bunga yang sebenarnya disebut cyathia berada di ujung batang.

Menariknya, daun yang berwarna merah akan menghijau seiring menuanya tumbuhan tersebut. Karena itu, untuk mengakalinya, tanaman dapat diletakan di tempat yang gelap dalam jangka waktu lama. Bisa juga, tutupi tanaman atau bagian atasnya dengan kain atau plastik hitam lalu jauhkan dari sinar matahari selama sekitar satu bulan. Pada malam hari, penutup tersebut dapat dibuka untuk memberi udara pada tanaman.

Poinsettia_varieties
wikipedia

Dengan seiring majunya teknologi, daun bagian atas kastuba tidak hanya berwarna merah, daun tersebut kini memiliki warna yang bervariasi, seperti merah muda, kuning, dan putih. Namun, apa pun warna daunnya, kastuba tentunya dapat menjadi tanaman indoor yang menarik dan dengan warnanya tersebut dapat menghias ruangan.

SHARE
Previous articlePP Properti Amazing Fun Tour
Next articleTeras Mungil ‘Berbalut’ Semen Ekspos
Azuwit Gani
Penyuka puisi dan novel fiksi ini memiliki keinginan untuk merasakan hidup di kota lain selain Jakarta. Keinginan lainnya yang belum terwujud ialah mengunjungi banyak negara dan menulis buku.

LEAVE A REPLY