Cara Merawat Bonsai Adenium Agar Rajin Berbunga

bonsai adeniumBonsai adenium merupakan salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman bonsai. Bonsai adenium merupakan kreasi yang dilakukan untuk membuat tanaman adenium terlihat lebih unik dan menarik dibandingkan dibiarkan tumbuh begitu saja. Keindahan bonsai adenium terletak pada bunganya yang berwarna warni serta bonggolnya yang unik.

Perawatan adenium sebenarnya tergolong mudah. Selain kondisi lingkungan, Anda perlu memperhatikan perawatannya seperti penyiraman, pemupukan, serta intensitas cahaya matahari dan udara. Hal itulah yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman bonsai adenium. Lantas bagaimana caranya agar bonsai cantik ini rajin berbunga? Ini dia tipsnya.

Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari merupakan faktor terpenting dalam merawat bonsai adenium. Jenis bonsai ini harus menerima paparan cahaya matahari minimal 5 jam sehari. Namun, untuk bonsai adenium yang masih muda sebaiknya diteletakkan pada area yang terlindungi. Anda bisa menggunakan paranet untuk melindungi tanaman dari paparan sinar matahari.

Media Tanam

Gunakan campuran pasir, arang dan pupuk kandang sebagai media tanam. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 1:1:1. Anda bisa mengganti arang dengan sekam, dan akan lebih baik jika ditambah kapur dolomit secukupnya.

foto : bonsaitimes

Penyiraman Dan Pemupukan

Hindari menyiram tanaman terlalu sering pada saat musim kemarau, sebaliknya lakukan penyiraman setiap hari saat musim kemarau tiba. Sementara untuk pupuk, Anda bisa menggunakan pupuk kandang, humus atau kompos.

Suhu Ruang

Suhu ruang yang ideal untuk pertumbuhan bonsai adenium sekitar 5-52 derajat celcius. Oleh sebab itu, cobalah membuat ruangan khusus yang dapat diatur suhu ruangannya agar bonsai adenium lebih cepat berbunga

Pemangkasan

Pemangkasan berfungsi untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit, serta membuat tunas baru muncul sehingga bunga pun semakin bermekaran. Pemangkasan terhadap bonsai adenium sebenarnya dapat dilakukan sesuai keinginan Anda. Jika Anda tetap ingin tanaman terlihat mungil dan rapi maka rutinlah melakukan pemangkasan.

 

LEAVE A REPLY