Cara Mudah Melukis Dinding Rumah

Seni melukis dinding atau populer disebut mural kini semakin diminati. Jika dulu mural banyak terlihat menghiasi kulit luar bangunan, aplikasinya kini justru sering terlihat menghiasi interior bangunan komersial hingga rumah tinggal. Ya, mural menjadi salah satu elemen dekoratif yang mampu mengubah suasana ruang dan menjadikannya terasa lebih personal.

Menggambar mural di dinding sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Arsitek Yanuar Pratama dari House The House berbagi tips cara yang mudah dan praktis melukis dinding interior. Ini dia langkah-langkahnya.

Bersihkan Dinding

Sebelum mulai melukis, pastikan dinding dalam keadaan bersih dan tak berdebu. Hal ini bertujuan agar cat dapat menempel sempurna dan tidak menggumpal.

Cat Dasar

Setelah bersih, sapukan cat dasar atau primer terlebih dulu. Cat dasar berguna membuat warna cat terlihat lebih nyata dan tahan lama.

Membuat Pola

Langkah berikutnya adalah membuat pola sesuai gambar yang Anda inginkan. Anda bisa membuat grid terlebih dulu untuk memudahkan Anda saat mulai menggambar. Cara lainnya, gunakan proyektor untuk menyorotkan gambar ke dinding. Lalu jadikan pantulan gambar sebagai panduan untuk membuat garis dasarnya.

Teknik Pengecatan

Ada beberapa teknik pengecatan yang bisa Anda pilih, mulai dari teknik pengecatan dengan kuas cat atau memberikan tekstur seperti teknik sponging, sehingga hasil lukisan terlihat lebih berdimensi.

 Finishing

Terakhir, lapisi hasil lukisan dengan vernis jenis doff agar tidak mengilap saat terkena sinar lampu pada malam hari.

Selamat berkreasi!

Foto : Ifran Nurdin

 

LEAVE A REPLY