Cara Mudah Membuat Kartu Ucapan Dari Bunga Kering

bunga keringMembuat rangkaian bunga kering sebenarnya mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan peralatan yang dibutuhkan pun tak banyak. Tertarik untuk membuatnya? Ini dia tahap-tahap pengerjaannya.

Proses Pengeringan

Proses pengeringan menjadi bagian paling penting dalam membuat rangkaian bunga kering. Sebab, proses inilah yang menentukan kualitas dari bunga yang Anda gunakan. Proses pengeringan yang belum sempurna berpotensi menyebabkan bunga jadi lebih mudah busuk. Maka, pastikan bunga yang akan Anda gunakan benar-benar kering dan siap untuk digunakan. Proses pengeringan ini biasanya memakan waktu 4 atau 5 hari tergantung ketebalan bunga itu sendiri.

Ada beberapa macam proses pengeringan yang bisa Anda pilih. Namun pada workshop tentang “Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Bunga Kering” bersama Nur Aisyah dari Rumah Bunga yang merupakan rangkaian acara Living World Asri Home Festival 2016, Nur mengajarkan dua teknik pengeringan bunga, yakni menggunakan buku dan silica gel sebagai media untuk mengeringkan bunga.

Pertama, letakkan kelopak bunga, daun atau batang yang akan digunakan di atas halaman sebuah buku tebal. Pada sebuah halaman buku, Anda bisa meletakkan sekitar 6 kelopak bunga atau lebih tergantung seberapa besar ukuran bunga, kemudian tutup dengan selembar tissu. Beri jarak antar halaman agar proses penyerapan air bisa lebih maksimal. Berikutnya jemur bunga di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Nah, disaat musim hujan seperti sekarang, Anda bisa menggunakan silica gel sebagai media alternatif mengeringkan bunga. Tuangkan silica gel ke dalam wadah, kemudian letakkan kelopak bunga, daun atau batang di atasnya. Setelah ditata, tutup bunga dengan selembar tissue lalu kubur dengan sisa silica gel. Tutup rapat wadah dan biarkan selama dua atau tiga hari. Proses pengeringan dengan silica gel ini lebih cepat dibandingkan metode lainnya. Namun sayangnya produk ini masih sulit didapatkan.

Proses Menempel

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel 3 hal yang perlu diperhatikan saat merangkai bunga kering, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian saat mengerjakan proses menempel. Pastikan seluruh elemen yang Anda gunakan menempel dan tidak menyisakan lem yang merusak tampilan karya Anda. Agar tampilannya semakin indah, Anda bisa menyapukan pensil warna atau cat air sebagai background dari rangkaian sekaligus sebagai titik fokus dari perletakkan bunga.

Proses Finishing

Usai menata bunga kering di atas kartu ucapan, tahap terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melapisi cairan coating sebagai finishing. Cairan berupa lem bening yang khusus digunakan untuk kerajinan tangan ini berfungsi menjaga kualitas karya Anda agar tetap awet dan tahan lama.

Mudah sekali kan prosesnya? Rangkaian bunga kering ini juga bisa diaplikasian di atas berbagai jenis media seperti kayu, kertas dan bahkan batu alam. Sehingga Anda bisa lebih bebas berkreasi menciptakan rangkaian bunga kering yang menarik. Selamat berkreasi!

LEAVE A REPLY