Cara Praktis Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat

Sampah sisa makanan atau rambut sering kali menyumbat saluran air di rumah. Saat tersangkut, sampah-sampah tersebut akan bercampur dengan benda-benda lain, membusuk, dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Pada akhirnya, masalah di rumah pun menjadi bertambah. Keadaan tersebut tentu sangat tidak menyenangkan, terlebih bila sampah yang menyumbat sudah terlalu banyak.

Tak perlu kebingungan mencari cara karena ada beberapa tips yang bisa dicoba. Bila di rumah ada soda api, bahan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan saluran air. Tuangkan dua atau tiga sendok makan soda api ke dalam lubang pembuangan air, diamkan sebentar lalu siram dengan air panas. Namun, jika tak mau menggunakan bahan kimia, bahan-bahan alami juga bisa dimanfaatkan.

Seperti soda kue dan cuka. Tuangkan soda kue ke saluran air diikuti dengan air panas. Tambahkan lagi soda kue lalu tuangkan cuka. Nantinya, akan muncul buih dan suara-suara seperti gemuruh. Setelah buih hilang, siram kembali saluran dengan air panas untuk membersihkannya secara menyeluruh. Jika hanya untuk saluran air di wastafel, cukup tuang dua atau satu cangkir untuk tiap bahan dan proses. Namun, bila ukuran pipa saluran lebih besar, sesuaikan takarannya dengan besar pipa.

Selain soda kue dan cuka, bahan dapur seperti garam pun bisa berguna untuk mengatasi masalah seperti ini. Caranya juga sangat sederhana, cukup campurkan setengah cangkir garam dengan satu ember air panas. Kemudian, tuangkan larutan tersebut ke dalam saluran yang mampet. Mudah, bukan? Jauh lebih mudah bila dibersihkan secara rutin dan berhati-hati untuk tidak membuang sampah apa pun melalui saluran air. Selamat mencoba!

Foto: risk

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY