Cara Praktis Dan Mudah Membuat Lubang Biopori

bioporiSalah satu cara paling ampuh mengatasi genangan air yang seringkali terjadi pada musim hujan adalah membuat lubang biopori. Lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain dapat menyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air tanah, biopori juga digunakan sebagai tempat pembuatan pupuk kompos dari dedaunan kering dan sampah.

Dibandingkan sumur biopori, proses pembuatan lubang biopori lebih mudah dan sederhana. untuk membuatnya hanya dibutuhkan pipa paralon berdiameter 3inci dengan panjang sekitar 80cm hingga 100cm. Pipa paralon tersebut kemudian dimasukkan kedalam tanah yang sudah digali terlebih dulu dengan kedalaman yang sama dengan panjang pipa.

Selanjutnya, tambahkan campuran semen dan pasir di area sekitar permukaan pipa paralon agar pipa tidak masuk ke dalam tanah sekaligus memudahkan dalam perawatan. Masukkan dedaunan kering dan sampah organik ke dalam lubang paralon. Nantinya, sampah akan diuraikan oleh bakteri dan cacing menjadi kompos. Terakhir, lubangi tutup paralon agar udara dan air bisa masuk. Mudah kan?

Foto : Tri Rizeki

LEAVE A REPLY