Ciptakan Bioskop Mini di Rumah

8312-8313-8314

Menghadirkan sebuah home theater di rumah menjadi sebuah kebutuhan bagi Anda yang gemar menonton film atau bermain game di layar yang besar. Ada kepuasan tersendiri saat menyaksikan film favorit menggunakan layar lebar serta didukung oleh perangkat audio yang canggih. Aktivitas menonton tentu akan semakin menyenangkan.

Untuk merancang “bioskop mini” di rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti perangkat audio dan visual, furnitur hingga sistem akustik pada ruangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai merancang home theater.

0050-0051-0052

1. Pengaturan Posisi

Tentukan posisi penempatan layar televisi atau proyektor dan posisi tempat duduk pada ruangan. Jarak antara posisi duduk dan layar mempengaruhi kenyamanan saat menonton. Semakin besar layar sebaiknya jarak dengan posisi tempat duduk semakin jauh.
Tentukan pula peletakan speaker, apakah hendak digantung di sudut plafon atau berupa standing speaker.

2. Cegah Kebocoran Suara

Bocor suara baik dari luar ke dalam atau sebaliknya akan mengganggu kenikmatan menonton. Maka ruangan ini perlu didukung oleh material akustik pada dinding belakang, dinding samping, dan area sound speaker. Lantai dan pintu juga perlu diperhatikan, karena terkait dengan hubungan suara dengan ruangan lain. Selain panel kedap suara, jenis material lain seperti karpet, parket, gypsum, plywood dan kain tebal juga bisa menjadi pilihan untuk melapisi dinding dan lantai.

3. Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan ruang merupakan elemen penting berikutnya yang wajib diperhatikan. Jika Anda menggunakan proyektor, pastikan pencahayaan tidak membuat gambar menjadi berbayang. Gunakan recessed lighting atau lampu downlight untuk pencahayaan. Kemudian lengkapi dengan dimmer untuk mengatur intensitas cahaya sesuai kenyamanan mata.

4. Tepat Memilih Furnitur

Jika ruang menonton cukup besar, Anda bisa memilih reclining chairs berbalut upholstery kulit yang nyaman. Namun, jika luas ruang terbatas, pilihlah sofa berdesain simpel namun tetap nyaman saat diduduki. Tambahkan pula coffee table untuk meletakkan minuman dan cemilan serta rak untuk menyimpan koleksi DVD atau Blueray.

5. Elemen Dekoratif

Untuk mempercantik ruang menonton, Anda bisa memajang frame berisi poster-poster favorit di dinding atau meletakkan pot bunga artifisial di sudut ruang. Kemudian tambahkan cushions untuk menambah kenyamanan saat menonton.

SHARE
Previous articleMendekorasi Ruang Bergaya Country
Next articleKesan Mewah Vas Bunga Glitter
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY