Desain dalam Perencanaan Pariwisata

Pada tahun 2014, index daya saing pariwisata Indonesia dalam Travel and Tourism Competitiveness Report yang dikeluarkan oleh World Economic Forum menduduki peringkat 50 dari 141 negara. Untuk meningkatkan pembangunan kepariwisataan nasional yang masih memiliki kelemahan di bidang perencanaan dan perancangan, Kementerian Pariwisata mengadakan acara “Tourism Planning, Design and Prototype Conference” di Merlynn Park Hotel, Jakarta, 26-27 November 2015.

Acara ini menjadi ajang pembelajaran, berbagi pengalaman dan pengetahuan antara pihak-pihak terkait seperti arsitek, planner, dan desainer yang berkontribusi melalui pendekatan desain dalam menciptakan pembangunan kawasan pariwisata yang seimbang dan berkelanjutan meliputi aspek sosial, lingkungan dan ekonomi.

“Arsitektur nusantara adalah masa depan pariwisata kita, melestarikan yang otentik sekaligus mengkinikannya” ujar arsitek Yori Antar. Rumah-rumah  adat yang tidak dilestarikan dapat punah begitu saja, karya arsitektur sebagai produk budaya, harus  turut serta menjaga agar budaya itu tetap ada. “Caranya ialah membuat rumah adat dengan material dan desain seasli mungkin seperti cara leluhur mereka buat.”

Ia juga menambahkan pentingnya community based project dan ecotourism, agar masyarakat setempat di kawasan pariwisata tersebut juga ikut dilibatkan. “Masyarakat juga harus ikut menikmati hasilnya, tidak hanya jadi penonton” tegas Yori.

Sejalan dengan pemikiran Yori, arsitek Yu Sing Lim juga menjabarkan pentingnya wisata ekologis. Dalam mewujudkannya  karya arsitektur yang selaras dengan alam, arsitek harus menahan ego desain  yang cenderung ingin menarik perhatian.

Konsep wisata ekologis yang tumbuh bersama masyarakat harus meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menjadi masyarakat yang berdaya. “Masyarakat setempat sebagai tuan rumah harus menjadi pelaku utama dalam pengembangan desa mereka menjadi kawasan pariwisata, bukan sekadar menjadi pegawai bagi bisnis swasta.” ujar Yu Sing

Foto: Aprillia Ramadhina

5 COMMENTS

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

LEAVE A REPLY