oleh

Desain Rumah dengan Komposisi Ruang Dinamis

-Liputan Utama-1.070 views

Gagasan desain rumah yang berlokasi di kawasan kompleks Solo Baru, Solo, Jawa Tengah ini berawal dari keinginan pemilik rumah untuk memiliki hunian modern tropis dengan suasana relaks tetapi tetap menjaga privasi.

Selain itu, pemilik rumah memiliki kebutuhan ruang yang banyak, diantaranya kamar-kamar tidur dengan pemandangan ke arah kolam renang dan area keluarga berkumpul baik indoor maupun outdoor untuk tempat bersantap serta ruang menonton TV. Pemilik rumah juga menginginkan ruang-ruang pendukung seperti area hiburan berupa ruang untuk melakukan yoga ataupun gudang yang luas untuk tempat menyimpan barang bisnis pemilik rumah.

Berbagai keinginan pemilik rumah ini didiskusikan bersama arsitek muda Arie Wibowo yang dipercaya untuk mengembangkan desain pada lahan seluas 800 m2. Adapun konstruksi dan desain interiornya dikerjakan sendiri oleh pemilik rumah.

Proses Awal Desain Rumah

Pada tahap awal, arsitek mengolah kondisi lahan yang memanjang dan diapit oleh jalan di muka bangunan juga di belakang bangunan sedangkan bagian barat lahan terpapar terik cahaya matahari.

Untuk mengatasi hal ini, arsitek merancang massa bangunan menyerupai huruf L yang memanjang ke belakang. Ruang-ruang utama ditempatkan di lantai atas sedangkan ruang penunjang berada di lantai dasar.

Keunikan dari desain rumah ini terletak pada komposisi massa bangunan dan eksplorasi material bangunan modern, serta susunan ruang nan dinamis.

Ruang-ruang utama dalam desain rumah ini ditempatkan di lantai atas sedangkan ruang penunjang berada di lantai dasar. Wujud massa bangunan didominasi oleh komposisi kubus geometris yang “lugas”, sesuai dengan citra hunian modern. Bagian belakang massa bangunan sengaja di-rotate 150 agar posisi bangunan tegak lurus terhadap arah utara sehingga menghindari masuknya terik cahaya matahari ke dalam hunian.

Sisi barat dan fasad bangunan didesain solid tanpa bukaan tetapi tetap dilengkapi dengan secondary skin yang meredam terik cahaya matahari. Di area entrance, arsitek berupaya menjaga privasi pemilik rumah dengan cara merancang selasar, pintu masuk utama dan ruang tamu yang terpisah dari ruang-ruang lain. Uniknya, ruang tamu dirancang terbuka dan disekat oleh dinding bata transparan agar tamu dapat menikmati suasana natural dan segar di halaman muka hunian.

Apa keunikan lain dari rumah ini?

KREDIT

Lokasi : Rumah Tinggal di Solo, Jawa Tengah
Arsitektur : Arie Wibowo
Interior dan Kontraktor : Pemilik

Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: M. Ifran Nurdin
Co-writer: Sumardiono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed