oleh

Desain Rumah Terinspirasi Sirkuit Balap

Desain rumah yang menjadi liputan utama kali ini adalah “Racing in Speed”, sebuah hunian yang dirancang dengan inspirasi sirkuit balap.

Karya arsitek muda Arie Wibowo ini merupakan rancangan sebuah hunian di Solo, Jawa Tengah. Rumah milik keluarga Aditya Iskandar ini dirancang sejalan denganhobi dan pekerjaan pemiliknya yang sehari-hari berkecimpung di dunia otomotif.

Saat mendapat lahan seluas 300 m² di kawasan Notosuman, arsitek dan pemilik rumah merencanakan hunian yang wujudnya terinspirasi oleh aksi balap di sirkuit. Arsitek merancang konsep rumah tinggal dua lantai. Pembangunan konstruksi dan interior hunian dikerjakan oleh pemilik rumah dan tukangnya.

Proses Desain Rumah

Tantangan pertama dalam merancang desain rumah ini adalah bentuk lahan yang menyerupai huruf L. Lahan rumah diapit oleh tiga jalan di bagian utara, di bagian barat dan di bagian selatan sedangkan bangunan lama terdapat di pojok belakang lahan.

Dalam konsepnya, arsitek menata ruang-ruang mengikuti bentuk kaveling yang memanjang dari utara ke selatan. Lantai bawah untuk ruang duduk, ruang makan, pantri dan ruang kerja dengan void setinggi dua lantai di tengahnya sedangkan lantai atas untuk kamar tidur utama dan dua buah kamar tidur anak. Yang unik adalah bentuk layout-nya bukan kotak persegi biasa tetapi menyerupai huruf S yang meniru dari bentuk tikungan di sirkuit balap.

KREDIT

Lokasi: Hunian di Kawasan Notosuman, Solo, Jawa Tengah
Arsitektur: Arie Wibowo
Kontraktor dan Interior: Pemilik Rumah

Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : M. Ifran Nurdin
Co-writer: Sumardiono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed