Desain Rumah yang Nyaman dan Modern

Desain Rumah yang Nyaman dan Modern

5 219

Desain rumah yang bagus tak hanya melibatkan aspek kebutuhan fungsional semata dan selera pemilik rumah saja, tetapi juga menghadirkan pengalaman ruang yang berbeda dan khas. Desain rumah juga tak hanya mengacu pada hasil akhir fisik bangunan, tetapi juga peduli dengan pengalaman yang diperoleh pengguna saat melewati dan berada di bagian-bagian dalam bangunan.

Itulah prinsip yang digunakan oleh Egino T. Prasetyo, arsitek muda yang juga kepala konsultan Utopia Architecture, saat membuat desain rumah bergaya modern tropis milik keluarga yang berlokasi di kawasan Telaga Bodas, Semarang, Jawa Tengah.

Arsitektur dan Desain Rumah

Tanah yang digunakan untuk membangun rumah ini adalah 1000 m2. Dalam konsep desain rumah, arsitek dan pemilik rumah sepakat untuk mengubah kontur tanah yang datar menjadi naik sedikit demi sedikit ke arah belakang. Hal ini memberikan efek ketinggian lantai antar-ruang yang berbeda. Dikombinasikan dengan taman di tengah hunian (inner courtyard), desain ini memberikan pengalaman ruang yang berbeda.

Desain rumah seperti ini berhasil memaksimalkan sirkulasi udara segar, memaksimalkan masuknya cahaya alami dan memaksimalkan kontinuitas visual antarruang. Arsitek juga memadukan material alami seperti kayu dan batu dengan konstruksi bahan pabrikasi mutakhir diantaranya kaca lebar dan tata cahaya (lighting) untuk “menghidupkan” suasana.

Arsitek membagi susunan ruang dalam hunian menjadi tiga zona dengan ketinggian tanah dan kegiatan yang berbeda. Zona pertama merupakan area publik, zona kedua merupakan area transisi, dan zona ketiga merupakan area privat. Setiap zona dan desain rumah ini dirancang dengan detil untuk memberikan fungsi dan sekaligus pengalaman yang kaya bagi siapapun yang berada di dalamnya.

Desain Interior Rumah

Untuk penataan ruang dalam, desainer interior Purnomo dari konsultan Asiatique ingin menciptakan suasana nyaman dan ceria sekaligus mengimbangi rancangan arsitektur yang cenderung kaku. Furnitur didesain simpel dengan kombinasi warna-warna cerah, tekstur lembut dan motif memikat seperti terlihat pada sofa berlapis kain beledu warna ungu yang dipadu dengan kursi berlengan berlapis kulit warna putih di ruang penerima tamu.

Aspek penting lainnya dalam rancangan rumah tinggal ini adalah desain lanskap yang menunjang konsep arsitektur ataupun desain interior hunian. Sebagai zona utama, halaman belakang yang luas ditanami oleh pepohonan berkanopi lebar dan rimbun agar dapat mengurangi suhu panas di dalam bangunan sekaligus meredam silau dari cahaya matahari. Adapun taman depan diolah untuk mendukung tampilan fasad hunian yang lebih “segar” dan “menyatu” dengan lingkungan sekitar sedangkan taman dalam didesain untuk menyamarkan dinding pembatas atau undakan tanah.

Liputan tentang “Desain Rumah yang Nyaman dan Modern” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 07, Juli 2012

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Lokasi : Rumah Tinggal Keluarga di Semarang, Jawa Tengah
Arsitektur : Egino T. Prasetyo dari Konsultan Utopia Architecture
Interior : Purnomo dari Asiatic

Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : M. Ifran Nurdin
Co-Writer: Sumardiono

5 COMMENTS

Leave a Reply