Desain Taman Kering Bernuansa Jepang

taman keringBerbeda dengan konsep taman tropis yang dihiasi tanaman hijau dan bunga, konsep taman kering (dry garden) justru tampil lebih simple dan didominasi elemen hardscape seperti bebatuan, koral, pasir, dll. Adapun jenis tanaman yang digunakan adalah jenis tanaman yang sedikit membutuhkan air, misalnya kaktus, kamboja, kelompok nanas-nanasan atau bromelia. Kesederhanaan konsep taman kering yang berasal dari Jepang inilah yang digemari oleh masyarakat urban yang cenderung memiliki gaya hidup praktis.

Salah satu contoh desain taman kering yang akan kami bahas kali ini dirancang oleh desainer landscape Andi dan Donny dari X’Otic. Desainer asal Bandung ini memanfaatkan lahan di bagian belakang rumah  menjadi ruang duduk semi-terbuka dan taman kering (dry garden). Taman didesain unik dengan tema “White on White” yang kental dengan sentuhan Japanese serta ornamen taman dekoratif yang terlihat istimewa.

Taman yang berbentuk persegi memanjang tersebut berada di antara bangunan dan tembok pembatas kaveling yang tinggi. Adapun di sisi kiri ditempatkan sebuah gazebo yang didesain futuristis berbentuk kubus dilengkapi dengan tatami untuk bersantai pada sore hari.

Elemen alam hadir dalam bentuk imajinasi seperti pohon, batu, burung merpati, dan unsur air yang semuanya membentuk suasana. Di antara dominasi warna putih, lalu muncul aksen warna jingga mencolok dari bunga mawar yang dirangkai dalam ikatan.

Permukaan tanah kemudian ditutup dengan batu kerikil putih sehingga menampilkan kesan bersih dan lega. Pemakaian warna putih juga diaplikasikan pada elemen dekoratif taman lainnya seperti pot dengan ranting-ranting bercat putih serta pagar bambu yang dilekatkan pada dinding. Pengulangan tema putih kembali dimunculkan pada ranting-ranting berpigura sebagai aksesori dinding dengan aksen bunga mawar tepat di pusat perhatian pada keseluruhan ruang.

Keindahan taman belakang bisa dinikmati dari ruang-ruang dalam melalui pintu kaca transparan yang dapat dibuka lebar dengan  maksimal. Imajinasi yang mengekspresikan suasana hening dan tenang juga akan bisa ditularkan ke suasana di dalam rumah ini.

Foto : Tri Rizeki

 Garden Stylish  : Andie dan Donny dari X’Otic Garden