oleh

Desain Taman yang Hening dan Memukau

-Taman-2.613 views

Rumah yang berlokasi di kawasan hijau Jakarta Selatan ini meiliki desain taman yang sangat hening, teduh, dan asri. Bentuk kavling tanahnya “mengantong” sehingga mendukung terciptanya suasana privasi bagi para penghuninya.

Tiga tahun lalu, tim Griya Asri pernah berkunjung dan meliput rumah tinggal keluarga Achmad Sadat di kawasan Jakarta Selatan ini. Ketika itu, rumah dua lantai tersebut baru saja dibangun dengan taman yang masih baru dibuat.

Sekian tahun berlalu, tanaman di taman tersebut sudah tumbuh subur. Beberapa pohon tinggi sudah terlihat bentuk dan fungsinya, tanaman “dolar” berdaun lebar sudah menutupi hampir seluruh dinding putih pembatas kaveling. Semak-semak pun sudah menghijau di sekeliling rumah sehingga terasa suasana sejuk dan teduh yang memang ingin diciptakan.

Pemilik rumah menghendaki taman hijau yang sarat dengan tanaman-tanaman yang berkarakter unik dan jarang dijumpai di taman pada umumnya. Itulah sebabnya, ditanam beberapa pohon langka seperti Sausage tree (Kigelia pinnata), Buttercup tree (Cochlospermum),kamboja (Plumeria rubra), Potato tree (Solanum macrantum), dan pohon lontar (Borassus flabellifer). Di samping itu, juga ditanam beberapa koleksi tanaman merambat yang berbunga atau berbuah cantik seperti
Thunbergia grandiflora bunga ungu, Congea tomentosa yang berbunga soft pink, Nepal trumpet (Beaumontia murtonii) berdaun lebar dengan bunga putih beraroma harum, dan Maliatong (Petraeovitex wolfei) dengan bunganya yang seperti air hujan berwarna kuning ceria.

Selain mengutamakan keindahan, pemilik rumah juga menghendaki desain taman dengan elemen tanaman yang di dalamnya dapat menjadi unsur edukasi bagi anak-anaknya yang sedang menginjak usia remaja. Sebagian lahan tamannya ditanam tanaman obat-obatan dan tanaman produktif yang ditempatkan pada salah satu area di depan ruang kerja dan ruang makan. Posisi area yang agak curam tersebut dibuat berundak dengan ditanam beragam tanaman obat-obatan dan tanaman bermanfaat yang mengisi media tanamnya antara lain jahe merah, kumis kucing, lidah buaya, dan cabe rawit. Ada pula tanaman mengkudu, alpukat, nangka, dan pisang.

Desain Taman Depan Rumah
Desain Taman Samping Rumah
Desain Taman Minimalis
Desain Taman Belakang Rumah
Desain Taman Kolam renang
Desain Taman Dengan Tangga
Desain Jalan Taman
Desain Taman Asri
Desain Taman Kecil

Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: M. Ifran Nurdin
Co-writer: Sumardiono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed