“Dialog” Sally Smart dan Entang Wiharso dalam Pameran Seni Rupa

Dua seniman yang berasal dari dua negara berbeda, Sally Smart (Australia) dan Entang Wiharso (Indonesia) akan berkolaborasi dalam pameran Conversation: Endless Acts in Human History. Pameran ini akan berlangsung pada 14 Januari – 1 Februari 2016 di Galeri Nasional. Kedua seniman sebelumnya bertemu di Melbourne pada tahun 2012 dan kemudian menjadi teman dekat. Setelah berhasil dengan karyanya masing-masing, untuk pertama kalinya mereka bekerja sama dalam pameran yang menampilkan seni patung, lukisan dan instalasi.

Conversation: Endless Acts in Human History menyatukan dialog sosial dan budaya antar negara asal kedua seniman. Pada konteks ini, kedua seniman menjelajahi kerumitan dari relasi pribadi yang terdiri dari tanggapan, reaksi dan interaksi, yang mencakup praktek kreatif dan tindakan sosial. Entang mengatakan, “Saya dan Sally memiliki minat yang sejalan dan berbagai ide yang berbeda kerap bermunculan untuk karya kami, seperti dari sisi sejarah, kolonisasi, seni dan politik dalam kesenian.”

Pameran ini merupakan hasil “dialog” antara dua seniman yang terjalin melalui kepercayaan dan pertemanan. Karya dalam pameran ini akan mengekspos persamaan dan perbedaan dari kedua seniman dari sisi emosi, sosial, budaya dan geografis.

Foto: dok. Galeri Nasional Indonesia

LEAVE A REPLY