EcoCapsule, Rumah Portabel untuk Traveller

Anda suka travelling? Saat bepergian, mungkin pernah merasakan ingin membawa saja rumah Anda sekaligus. Bagaimana kalau hal tersebut diwujudkan dengan EcoCapsule? EcoCapsule merupakan rumah portabel yang fleksibel sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Dengan berat sekitar 1.500 kilogram, EcoCapsule bisa diangkut atau diderek ketika Anda berwisata. Rumah portabel yang inovatif ini bisa didirikan di mana pun di dunia, bahkan di tempat yang ekstrem sekalipun.

Rumah portabel yang diciptakan para arsitek dari studio Nice Architects asal Slowakia ini, cocok sekali bagi ilmuwan, fotografer, ranger, hingga para turis yang ingin berlama-lama tinggal di alam. Tak hanya itu, kapsul tersebut juga bisa digunakan bagi masyarakat yang tinggal di daerah urban untuk menghindari harga sewa yang tinggi atau rumah darurat ketika terjadi bencana.

Meski berukuran kecil, EcoCapsule memiliki fasilitas layaknya hotel mewah. Dalam satu pods, dilengkapi kamar mandi, dapur, hingga dua tempat tidur. Sumber air dan listrik pun tak perlu dipikirkan karena sudah ada panel surya dan turbin angin. Panel dan turbin tersebut digunakan untuk menyerap sinar matahari serta tenaga angin yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Dengan power system ganda dan baterai berkapasitas tinggi, Anda bisa bertahan tinggal di alam selama sekitar satu tahun meskipun energi dari sinar matahari dan angin berkurang. Bentuknya yang lonjong seperti telur ini juga mampu menampung air hujan yang kemudian dibersihkan dan difilter agar kebutuhan air tercukupi. Sementara itu, lapisan tebal pada material rumah kapsul ini berfungsi untuk meredam panas.

Sumber: dailymail

LEAVE A REPLY