Efisen Mengolah Ruang Bawah Tangga

Salah satu area yang seringkali luput dari penataan adalah area bawah tangga. Ya, luas lahan yang sempit dan tidak presisi tentu menyulitkan Anda untuk mengolahnya. Solusi paling mudah adalah mengubahnya menjadi gudang atau malah sengaja dibiarkan kosong.

Padahal ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan area bawah tangga, baik menjadi tempat penyimpanan atau bahkan menjadi ruang tambahan. Berikut ini 7 ide desain area bawah tangga yang bisa Anda coba.

Ruang kerja

Anda bisa mengisi area bawah tangga menjadi ruang kerja. Anda bisa menempatkan loose furniture ataupun memasang rak ambalan yang difungsikan sebagai meja kerja. Kemudian maksimalkan dinding tangga menjadi rak buku dengan memasang rak ambalan.

Lemari pajangan

Area bawah tangga yang sempit juga bisa diolah menjadi tempat penyimpanan (storage) dengan menempatkan lemari kabinet serta memasang rak ambalan pada dinding. Anda bisa meletakkan koleksi buku atau pajangan di atas rak ambalan tersebut.

Powder room

Manfaatkan area bawah tangga menjadi powder room atau ruang bilas bila tangga terletak dekat kolam renang. Dibutuhkan lahan seluas 2mx2m untuk membangun ruangan ini agar aktivitas bebersih terasa nyaman.

Innercourt

6436-6437

Hadirkan penghijauan di dalam rumah dengan membuat innercourt. Anda bisa memanfaatkan area bawah tangga menjadi taman kering. Lalu isi dengan pot tanaman dan batu koral untuk mempercantik tampilannya.

Pantri

Mengolah area bawah tangga menjadi pantri merupakan solusi yang tepat untuk memaksimalkan ruang. Hiasi dinding tangga dengan lemari kabinet serta rak ambalan yang berguna untuk menyimpan perangkat alat makan (tableware).

2 COMMENTS

  1. Good ide banget. Memanfaatkan space kosong dibawah tangga menjadi lebih bermanfaat. Tadi aku juga baca dari laman popeti.com selain bisa buat lemari, bisa juga bikin ruang kerja, pantry, dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY