Eksplorasi Abstrak di Atas Kain Sutra

IF_MG_0664

Sutra merupakan salah satu jenis kain terbaik yang biasanya digunakan sebagai bahan pakaian ataupun ornamen fesyen lainnya. Namun, hal yang berbeda dilakukan oleh John Martono, seniman asal Bandung ini. Ia menggunakan sutra sebagai kanvas untuk mengeksplorasi ide dan cerita kehidupannya.

Selama kurang lebih 10 tahun, John memilih jenis kain tersebut, baik itu sutra sintetis maupun natural sebagai ‘arena’ nya dalam membuat pola-pola bergaya abstrak. Lalu, ia membubuhi lukisannya memakai cat lukis berjenis pastel dengan pilihan warna berkarakteristik psikedelik.

IF_MG_0628

Pemilihan warna itu menghasilkan sebuah pengalaman visual yang segar. Pelukis lulusan Desain Tekstil, Fakultas Seni Rupa ITB ini juga menambahkan sulaman pada karya lukis sutranya.

Tekstur yang terbentuk dari hasil sulaman itu sukses membangun imajinasi setiap orang yang melihat lukisannya. Hal itu semakin menegaskan bahwa seniman ini sedang melakukan eksplorasi abstrak secara totalitas.

John Martono berujar bahwa ia menghadapi sedikit kesulitan ketika menggunakan sutra sebagai kanvasnya. “Karakter kanvas dengan kain sutra tentulah berbeda ketika diberi cat lukis berjenis pasta. Jika memakai kanvas, biasanya lukisan dikerjakan secara vertikal. Tetapi pada sutra, saya harus mengerjakannya secara horizontal untuk mendapatkan efek bleeding yang saya inginkan”, cerita John.

IF_MG_0720

Karya lukisan John Martono tak sekedar coretan ekspresif yang mengabaikan sisi-sisi rasionalitas saja. Akan tetapi, juga merupakan hasil eksplorasi dan manifestasi dari alam sadar yang diresapi oleh sang seniman dari pengamatannya sehari-hari. Hal itu tentu saja menghasilkan sebuah karya seni dua dimensi yang unik.
Foto : M. Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY