Ekspresi Tropis Modern di Lombok

Pulau Lombok merupakan sebuah tempat alternatif bagi para wisatawan yang mencari suasana berbeda dari pulau Bali yang kini semakin ramai. Di Pulau Lombok terdapat banyak pantai dan lahan berbukit dengan pemandangan laut yang spektakuler serta belum tersentuh kegiatan pariwisata sehingga berpotensi besar untuk dikembangkan. Salah satunya adalah Pantai Sirai di bagian utara pulau yang diolah untuk sebuah vila privat dengan pemandangan ke arah kepulauan Gili Trawangan.

Pemilik vila, yang datang ke Lombok saat liburan saja, menginginkan sebuah vila yang lebih besar untuk aktivitas wisata dan ini berhasil diwujudkan oleh desainer David serta Lesley Campbell dari Cempaka yang berdomisili di Pulau Bali. Vila ini terdiri dari enam massa berbentuk compound dengan sebuah kolam renang linier menghadap ke arah pantai.

Bentuk arsitektur vila bergaya kontemporer dengan sentuhan gaya Kolonial seperti terlihat pada profil tiang yang digabungkan dengan atap alang-alang khas gaya tropis. Saat memasuki lokasi vila, sebuah pintu gerbang mengantarkan kita ke area parkir di bagian dalam yang didesain bagaikan sebuah peternakan (ranch) yang besar.

Setelah melewati area parkir, sebuah pintu bergaya Bali menyambut kedatangan kita dan mengantar ke taman besar. Disana terdapat sebuah wantilan yang diisi dengan koleksi furnitur dari Cempaka sebagai tempat menerima tamu. Ruang bersantap, area duduk dan dapur juga didesain terbuka agar memberi pemandangan ke taman dan pantai. Massa yang terbesar merupakan area privat dengan tiga kamar tidur yang masing-masing dilengkapi oleh kamar mandi semi outdoor, ruang kerja dan walk-in wardrobe. Berdekatan dengan kolam renang terdapat sebuah paviliun yang dapat dipakai para tamu.

Untuk material, selasar luar bangunan dan jalan setapak menggunakan potongan batu paras sedangkan dinding eksterior menggunakan potongan batu local yang dipasang di tembok secara acak sehingga terlihat unik. Sebagai elemen dekorasi, terdapat bola-bola dari batu alam yang sekaligus berfungsi sebagai lampu dimalam hari.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Desain: David dan Lesley Campbell dari Cempaka, Bali.
Lokasi: Vila di Pantai Sirai, Lombok.
Penulis: Yosi Wyoso
Fotografer: Sjahrial Iqbal

LEAVE A REPLY