oleh

Empat Perbedaan Kanopi dan Pergola

Serupa, tapi tak sama. Kata itu mungkin tepat untuk menggambarkan kanopi dan pergola. Kebanyakan orang mengganggap pergola adalah salah satu jenis dari kanopi. Ada juga yang mengira keduanya merupakan satu hal yang sama. Apakah Anda juga salah satu orang yang berpikiran demikian?

Keduanya merupakan pelindung bagi benda atau area di bawahnya, tetapi memiliki karakterisktik yang sangat berbeda, baik fungsi maupun bentuknya. Apa saja perbedaannya? Anda bisa membacanya di bawah ini.

 

1. Fungsi

Pergola merupakan atap tanaman rambat dengan fungsi sebagai peneduh atau pelindung dari cahaya matahari. Sementara, kanopi berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sengatan matahari, maupun saat cuaca berhujan. Namun, pergola tidak demikian. Karena struktur atapnya yang dari tanaman, pergola hanya berfungsi untuk meneduhkan area dari panas matahari, tapi tidak dari hujan.

2. Struktur Atap

Atap kanopi dan pergola sebenarnya merupakan perbedaan yang paling mencolok dan mudah dilihat secara visual. Kanopi yang berfungsi melindungi dari segala cuaca memiliki atap berbahan plastik polimer atau polycarbonate. Sementara pergola hanya memiliki atap yang terbuat dari tanaman rambat, seperti alamanda. Struktur atap kanopi dapat berbentuk melengkung atau miring dengan rangka yang terbuat dari besi, sedangkan pergola berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling. Namun, karena saat ini pergola sering dianggap salah satu jenis kanopi, kini atap juga ditambahkan pada pergola.

Rumah Dengan Kanopi Dan Pergola

 

3. Material

Dalam pemilihan material, kanopi bisa menggunakan bahan apa saja. Namun, karena kanopi akan banyak terkena sinar matahari dan juga hujan, bahan yang dipilih sebaiknya tahan terhadap korosi atau pelapukan, seperti stainless steel. Sementara pergola biasanya dibuat dari bahan kayu untuk memberi kesan alami. Akan tetapi, saat ini bahan logam dan beton banyak juga digunakan untuk pergola. Bisa juga, berasal dari kombinasi dari berbagai bahan.

4. Kesan

Kanopi dan pergola dapat ditempatkan di mana saja pada bagian luar rumah. Entah itu di taman atau di bagian atas, seperti balkon. Namun, kesan yang ditimbulkan keduanya sangat berbeda. Dengan adanya tanaman rambat, kesan asri dan nuansa tropis sangat kuat  pada pergola. Pergola juga dapat menjadi penambah elemen estetis bagi rumah. Sementara kanopi, dengan material dan bentuknya, kanopi cenderung tampil simple dan kokoh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed