Empat Poin yang Diperlukan Sudut Ruang Baca

sudut ruang baca

Bagi para pecinta buku, ketenangan dalam membaca adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, mereka sering kali membutuhkan sebuah ruang khusus, seperti perpustakaan. Namun, membuat sebuah perpustakaan pribadi tidaklah mudah. Selain harus menyediakan sebuah ruang, mendesainnya pun membutuhkan dana tambahan.

Karena itu, manfaatkan saja sudut rumah Anda menjadi ruang baca dan buatlah senyaman mungkin layaknya di perpustakaan pribadi. Sekalipun tak luas, lokasinya yang jarang digunakan mampu memberi kesunyian dalam membaca. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran. Untuk membuatnya semakin nyaman, Anda perlu memperhatikan atau bahkan menambahkan beberapa hal berikut ini.

1. Tirai atau Sekat

Aktivitas membaca juga membutuhkan privasi, terutama agar Anda nyaman. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan sebuah “penanda” atau batas sudut untuk membaca dengan ruang lainnya. Tambahkan tirai atau sekat di sisi yang menghadap ke arah ruang lainnya. Dengan demikian, anggota keluarga lainnya pun akan tahu fungsi sudut tersebut dan Anda bisa membaca tanpa gangguan.

2. Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan merupakan elemen terpenting agar membaca menjadi menyenangkan. Jika memungkinkan pilihlah sudut yang menghadap ke arah jendela, agar Anda mendapatkan cahaya alami dari luar.

Namun, bila sudut tersebut merupakan area tertutup, perhatikan letak lampu agar dapat menerangi sudut dengan baik. Anda dapat menggunakan standing lamp atau table lamp. Apapun jenis lampunya, pastikan Anda memilih cahaya berwarna putih dengan intensitas cahaya yang cukup terang agar mata tidak cepat lelah.

sudut ruang baca

3. Meja dan Rak

Meja yang disediakan cukup meja berukuran kecil untuk meletakkan minuman dan camilan selama membaca. Jika meja tersebut memiliki laci atau ruang yang sedikit lebih banyak, Anda bisa menyimpan koleksi majalah atau buku favorit Anda di sana.

Seandainya tak cukup, letakkan rak atau storage kecil di sisi sudut yang lain sebagai ruang penyimpanan.

4. Hiasan

Terkadang saat membaca, Anda akan berhenti sebentar untuk merenung sebelum melanjutkan cerita. Jika sudut memiliki jendela, Anda dapat memandang keluar, lalu bagaimana bila tidak ada? Mudah. Cukup gantung hiasan, seperti lukisan atau tempatkan tanaman. Tanaman dapat membuat pikiran jernih serta membersihkan udara. Keduanya dapat mempercantik sudut dan tentunya Anda tak akan menjadi bosan dengan memandangi dinding yang kosong.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY