Entertaining Townhouse

Rumah bandar atau townhouse merupakan pilihan tempat tinggal yang semakin diminati oleh masyarakat urban. Salah satu konsep townhouse yang inspiratif adalah karya konsultan d_icon yang berlokasi di kompleks Spring Hill Residence Kemayoran, Jakarta Utara. Hunian dengan luas lahan 500 m2 ini berada di tepi lapangan golf kompleks.

Pemilik juga sering mengadakan acara berkumpul dengan keluarga dan kerabat serta menginginkan aktivitas hiburan di rumah. Hal ini mendorong arsitek untuk melakukan pendekatan desain dengan tema ”rumah bermain” (entertaining home).

Untuk itu, arsitek mengubah susunan dan fungsi ruang dalam dan area terbuka di hunian ini. Sebagian taman di lantai dasar diubah menjadi ruangan bermain playstation (PS) dan biliar, karaoke maupun untuk anak. Di lantai satu, arsitek membongkar dinding antara foyer, ruangan duduk keluarga, ruangan makan dan pantri sehingga ruangan menyatu, lebih efisien dan lapang. Halaman belakang yang dulu dilengkapi oleh kolam renang kini diubah menjadi lapangan golf mini (putting golf) dan dikelilingi oleh dek kayu untuk duduk di luar.

Area luar dan ruangan makan serta pantri hanya disekat oleh deretan pintu kaca agar ruangan luar fleksibel untuk disatukan dengan bagian dalam rumah. Di lantai dua, terdapat kamar tidur anak, kamar tidur orang tua dan kamar tidur utama yang desainnya terinspirasi oleh penthouse apartemen. Semua jendela luar terutama yang di kamar tidur diganti dengan kaca tanpa kusen (frameless glass) agar pemandangan ke arah lapangan golf lebih maksimal.

Untuk desain interiornya, setiap ruangan diolah dengan detail khusus agar tercipta suasana yang nyaman dan atraktif. Misalnya, arsitek memanfaatkan efek reflektif cermin agar memberikan kesan luas dan menegaskan nuansa minimalis di ruangan. Contohnya, dinding ruang tamu dilengkapi dengan akuarium ikan laut yang cukup besar dan permukaan dinding di sekitarnya dilapisi oleh cermin warna tembaga (bronze tinted mirror). Dinding ruang duduk keluarga juga dihias dengan panel aluminium berlubang sedangkan plafonnya dilapisi oleh cermin yang dikombinasikan dengan kaca frosted bermotif bunga.

Furnitur dan aksesori dipilih yang simpel seperti sofa berlapis kulit warna cokelat serta krem serta coffee table dari aluminium dan kaca. Di kamar tidur utama, arsitek memainkan ketinggian lantai dengan finishing parket dan menghias dinding dengan padded wall serta veneer.

Yang paling menarik adalah desain pantri dimana sebidang dindingnya yang menghadap ke halaman belakang diolah berupa pintu kaca lipat-geser sehingga dapat dibuka dan menyatukan area duduk luar dengan pantri. Finishing kabinet pantri sengaja didesain dengan tiga material berbeda yaitu ada yang berlapis duco warna merah, kaca frosted warna putih kebiruan dan cermin warna hitam (black tinted mirror). Secara keseluruhan, desain townhouse ini berhasil mengakomodasi keinginan pemilik.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Kediaman keluarga di kompleks Spring Hill, Kemayoran, Jakarta Utara
Arsitek dan desain interior: d_icon
Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: M. Ifran Nurdin

1 COMMENT

LEAVE A REPLY