Es Batu untuk Mengairi Tanaman?

Es Batu untuk Mengairi Tanaman?

Penyiraman merupakan salah satu faktor penting dalam memelihara sebuah tanaman. Apa pun jenis tanamannya, penyiraman salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan. Tanpa air, tanaman bisa bermasalah, kering, dan akhirnya mati. Namun, bukan tidak mungkin pula, kegiatan ini dilupakan oleh pemilik tanaman.

Meski tanpa bermaksud demikian, menjamin tanaman tetap disiram dalam kurun waktu tertentu terkadang sulit dilakukan karena berbagai alasan. Karena itu, banyak cara dan alternatif lain harus dicoba bila tidak ingin tumbuhan di rumah mati karena Anda lupa menyiramnya. Ada yang menyiasatinya dengan membuat alat untuk menyiram dari botol dan hanya disediakan lubang kecil untuk sedikit demi sedikit membasahi tanaman. Ada pula yang menggunakan es batu.

Bisakah es batu untuk mengairi tanaman? Dikutip dari countryliving, beberapa orang menggunakan es batu untuk membasahi tanaman peliharaannya. Es batu, entah ukuran besar atau kecil, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak diletakkan di atas permukaan tanah dalam pot. Es tersebut akan pelan-pelan meleleh dan membuat tanah serta akar dapat menyerapnya secara perlahan.

Namun, bila tertarik menggunakan es batu untuk mengairi tanaman, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya, karena es batu tersebut akan meleleh, Anda harus memperkirakan apakah jumlah air nantinya tidak berlebihan untuk tanaman. Selain itu, apakah tanaman perlu diairi setiap hari? Menggunakan es batu memang lebih praktis, tetapi entah itu disiram setiap hari atau hanya satu minggu sekali, jangan lupa menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Foto: iamahomemaker via countryliving

LEAVE A REPLY