FC Barcelona Umumkan Finalis untuk Remodel Camp Nou dan Palau Blaugrana

Stadion klub sepakbola asal Spanyol, FC Barcelona akan segera mendapat “wajah baru” setelah diumumkannya sejumlah finalis. Proyek yang diberi nama “Nou Espai Barça” ini meliputi keseluruhan fasilitas yang ada di Camp Nou, Barcelona, termasuk remodel untuk stadion utama dan pembangunan kembali Palau Blaugrana. Palau Blaugrana sendiri berada dalam area yang berdekatan dan dimiliki oleh klub. Biasanya, arena tersebut digunakan untuk permainan basketball serta handball.

Dalam seleksinya, proyek senilai 600 juta Euro tersebut menyertakan sejumlah nama-nama besar. Delapan nama finalis untuk stadion, sementara untuk Palau Blaugrana ada enam tim yang akan berkompetisi. Selain memperbarui dan membangun kembali, klub juga ingin meningkatkan keseluruhan fasilitas yang ada, seperti menambahkan ice skating rink, 5.000 tempat parkir, membangun kantor-kantor baru, serta mempercantik area luar di sekeliling fasilitas.

Untuk stadion sendiri, perbaruan akan meliputi penambahan hampir 6.000 tempat duduk dan membuat kapasitasnya meningkat menjadi 105.000. Angka tersebut sekaligus akan membuat Camp Nou menjadi stadion sepakbola terbesar di Eropa. Desain ulang pun akan dilakukan di deretan kursi bagian bawah agar memiliki view lebih baik, serta penambahan atap untuk bagian bertingkat. Sebelumnya, proyek Nou Espai Barça juga telah disetujui oleh 72% suara dalam vote fanbase klub akhir April lalu.

Nama-nama tim yang terpilih akan segera mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar desain. Mereka memiliki waktu hingga November (untuk Palau Blaugrana) dan awal Desember ini (Camp Nou) untuk menyelesaikan desain. Pengumuman pemenang akan dilakukan tak lama setelahnya. Konstruksi proyek ini direncanakan dimulai tahun 2017 dan selesai pada tahun 2021.

Finalis untuk Camp Nou

AECOM + b720 Fermín Vázquez Arquitectos

Arup Sport + Ricardo Bofill Taller De Arquitectura

BIG + IDOM-ACXT + BAAS Arquitectura

Gensler Sport + OAB

HKS + Cox + Batlle i Roig Arquitectes

KSS Architects + Mateo Arquitectura

Nikken Sekkei + Pascual i Ausió Arquitectes

Populous + MIAS Architects + RCR Arquitectes

 

Finalis untuk Palau Blaugrana

Dominique Perrault Architecture + Massip-Bosch Arquitectes

gmp architekten + GCA Arquitectes

HOK + TAC Arquitectes

Make + BCQ Arquitectes

Mandago Arquitectos + Bach Arquitectes + R. Sanabria Arquitectes + I. Paricio

Wilkinson Eyre Architects + A. Balaguer Riera Arquitectes

 

 

Sumber: archdailydesignboom

LEAVE A REPLY