Gedung Bekas Apotek Tua di Glodok Jadi Kedai Teh

Gedung apotek Chung Hwa berdiri pada tahun 1928. Berlokasi di jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat , gedung ini sudah mengalami kerusakan yang parah karena pemotongan jalan dan proses pelapukan. Apotek ini direnovasi dan difungsikan menjadi Kedai Teh Pancoran oleh PT. Pembangunan Kota Tua Jakarta (JOTRC) bekerja sama dengan pemprov DKI Jakarta sebagai bagian dari program revitalisasi kawasan Kota Tua.

Gedung ini menjalani proses revitalisasi kurang lebih selama 1,5 tahun, melibatkan arsitek Ahmad Djuhara yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), di bawah penasihat dari Jakarta Endowment for Arts & Heritage, arsitek Han Awal.

Bagian eksterior gedung ini tidak diubah hanya tampak diperbaiki, sedangkan bagian interiornya dibuat bernuansa Tionghoa. Di depan kedai akan disediakan teko dengan teh gratis yang menjadi simbol bahwa Kota Tua bukan saja tempat berdagang tapi juga memiliki jiwa sosial.

Kawasan letak gedung ini juga dikenal sebagai kawasan Patekoan. Pa artinya “delapan” dan tekoan berarti “teko” dalam bahasa Cina. Konon, seorang Kapiten Cina bernama Gan Jie menyediakan delapan teko berisi teh di depan rumahnya, untuk diberikan pada orang yang singgah tanpa dipungut biaya.

Foto: Aprillia Ramadhina

LEAVE A REPLY