German Cinema Kembali Digelar

Berbagai film asal Jerman akan diputar dalam gelaran festival film German Cinema yang berlangsung pada tanggal 11-20 September 2015. Acara tahun ini merupakan kali keempat dan bagian dari Jerman Fest, sebuah festival yang berlangsung selama tiga bulan dalam rangka merayakan persabahatan Indonesia dan Jerman. Jerman Fest sendiri ada berkat insiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman dan diselenggarakan oleh Goethe-Institut di Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, dan EKONID.

German Cinema akan dibuka dengan film Im Labyrinth des Schweigens (Labyrinth of Lies). Film yang disutradai oleh Giulio Ricciarelli ini tayang perdana di Toronto International Film Festival dan bercerita mengenai jaksa muda di tahun 1950-an yang membuka dan menyelidiki pembunuhan massal pada masa Nazi. Lalu, ada film dokumenter Das Salz der Erde (The Salt of the Earth) yang disutradarai oleh Wim Wenders dan Juliano Ribeiro Salgado. Diputar juga film yang berhasil memecahkan rekor penjualan tiket bioskop di Jerman, Fack Ju Göhte (Suck me Shakespeer). Ada pula film terbaru karya Andreas Dresen, Als wir träumten (As We Were Dreaming).

Festival film yang menarik lebih dari 12.000 pengunjung pada tahun 2014 ini, akan diadakan di tujuh kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Denpasar, dan Medan. Tak perlu khawatir bila tidak mengerti bahasa Jerman, karena semua film bisa dinikmati dengan adanya teks bahasa Inggris.

Foto: GoetheIndonesien

LEAVE A REPLY