oleh

Green for Cooling

Sebuah shopping mall baru, hadir di tempat bergengsi di Kuta-Legian, Bali yaitu The Beach Walk. Berbeda dari konsep mal pada umumnya, tempat ini juga menjadi fasilitas wisatawan yang tidak pernah sepi pengunjung. Taman yang melengkapi mal menjadi ìsajianî tersendiri sehingga mal ini memberikan sensasi berbelanja sambil berwisata.

Konsep The Beach Walk dirancang semiformal untuk mengakomodasi gaya hidup pengunjung yang berkunjung ke daerah Kuta. Jajaran toko-toko yang menjual barang bermerek dihubungkan dengan selasar semi-terbuka yang terkoneksi lagi dengan taman sehingga menampilkan sebuah suasana belanja yang lebih kasual. Anggia Murni dan tim dari Tropica Greeneries merancang dan memvisualisasikan konsep tamanyang melengkapi mal sehingga terwujud konsep ideal sebuah tempat wisata dan tempat belanja tersebut.

Konsep bangunan terdiri dari massa bangunan utama tiga lantai berbentuk gelombang membuat formasi huruf U yang menghadap ke arah pantai. Selanjutnya, dua massa bangunan berbentuk oval satu lantai (POD) mengisi ruang di tengah massa bangunan utama tersebut. Antar-massa bangunan terkoneksi oleh taman dan kolam yang disebut oasis sehingga menyerupai konsep sebuah bangunan yang mengapung di atas air. Konsep layering bangunan tersebut menciptakan dimensi sehingga ketika pengunjung berada pada ketinggian yang berbeda akan melihat view dengan dimensi pandang yang tidak sama.

The Beach Walk, sensasi berbelanja sekaligus berwisata.
Konsep mal dirancang semiformal untuk mengakomodasi gaya hidup pengunjung yang berkunjung ke daerah Kuta.
 Night view dengan sistem pencahayaan yang eksotis.
Pendekatan konsep green juga diaplikasikan dengan memanfaatkan area rooftop menjadi roof garden. Dengan demikian, memberi pelindung pada atap datar dari beton cor terhadap panas langsung dari luar.

Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed