Hadapi Musim Hujan, Segera Cek Kondisi Rumah!

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat memasuki musim hujan, diantaranya adalah memeriksa kondisi fisik bangunan rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masalah yang umum terjadi saat musim hujan, seperti atap bocor, dinding rembes atau saluran air yang tersumbat. Oleh sebab itu, segeralah memperbaiki bagian rumah yang bermasalah agar Anda tak perlu merasa khawatir lagi saat hujan turun tanpa henti.

Cek Kondisi Atap

Cek kondisi atap rumah untuk mengetahui apakah ada genteng yang bergeser, retak atau perlu segera diperbaiki. Tidak ada salahnya juga jika Anda melapisi genteng dengan cat waterproof atau anti bocor. Jika Anda memiliki pohon berdaun rindang, bersihkan sampah dan dedaunan yang mungkin menumpuk di genteng agar tidak menyumbat aliran air hujan sekaligus mencegah terjadinya kebocoran pada atap.

Cek Kondisi Saluran Air

Kondisi saluran air menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan saat musim hujan. Saluran air yang tidak lancar beresiko menimbulkan genangan air hingga menyebabkan terjadinya banjir. Periksa apakah ada kotoran yang menyumbat di saluran air, jangan ragu untuk memanggil tukang apabila Anda mendeteksi adanya kerusakan atau kebocoran. cek juga ukuran pipa saluran pembuangan air sehingga nantinya cukup sebagai penghantar air. Sebaiknya pipa dipasang miring agar tidak terjadi genangan air yang membawa sampah/kotoran.

Sedangkan untuk saluran air yang berada di luar rumah, Anda perlu melakukan pengecekan bersama warga lainnya untuk membersihkan saluran air dari sampah agar air dapat mengalir dengan lancar.

Cek Kondisi Dinding

Pastikan Anda sudah melapisi dinding rumah, terutama dinding fasad yang rentan terkena cipratan atau siraman air hujan dengan cat weathercoat yang anti air. Jika dibiarkan tanpa perlindungan, dinding akan menjadi lembab, mengelupas dan berjamur.

Cek Kondisi Jaringan Kabel Listrik

Meskipun terlihat sepele, namun permasalahan pada jaringan kabel listrik akan menimbulkan masalah yang sangat fatal. Oleh sebab itu cek kondisi kabel listrik pada lampu taman, teras dan sambungan-sambungan kabel sehingga pemasangan harus aman dan tertutup, gunakan aliran DC untuk lampu-lampu taman karena tidak menghantarkan listrik.

Foto : lifechangechoices.com

LEAVE A REPLY