Hal Yang Perlu Dilakukan & Hindari Dalam Menata Pencahayaan Di Kamar Tidur

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dan romantis. Selain dekorasi, penataan cahaya juga memegang peranan yang penting dalam memberikan perubahan suasana yang signifikan. Berikut ini adalah hal yang seharusnya Anda lakukan dan hindari dalam mengatur pencahayaan di kamar tidur. Dengan begitu kamar tidur Anda akan terasa lebih nyaman dan romantis.

Hal yang sebaiknya dilakukan

  1. Tempatkan stop kontak menjadi satu garis (linier) agar tidak mengganggu tampilan ruang. cara ini juga berguna agar jalur kabel terlihat lebih rapi.
  2. Pasang saklar di dekat ranjang untuk memudahkan Anda ketika ingin mematikan atau menyalakan lampu.
  3. Lengkapi pencahayaan dengan sistem dimmer, sehingga Anda dapat mengatur intensitas cahaya sesuai keinginan ; redup atau terang.
  4. Sembunyikan lampu di balik plafon (indirect lighting), sehingga cahayanya tidak terlalu menyilaukan. Indirect lighting juga terbukti ampuh menciptakan suasana ruang yang teduh dan romantis.

Hal yang sebaiknya dihindari

  1. Hindari memasang general lighting tepat di atas ranjang. Sebab cahayanya akan terasa sangat menyilaukan dan mengganggu kenyamanan tidur. Anda bisa menggunakan lampu meja (table lamp) yang diletakkan di kedua sisi ranjang untuk menerangi aktivitas membaca sebelum tidur.
  2. Hindari memilih lampu berwarna putih. Suasana kamar tidur akan terasa lebih hangat dan nyaman apabila menggunakan cahaya lampu berwarna kekuningan.

 

LEAVE A REPLY