Hanya Perlu Waktu 5 Hari Untuk Membangun Rumah, Mungkinkah?

Dengan bujet terbatas dan jumlah pekerja yang minim, mungkinkah membangun rumah dalam waktu singkat? Jawabannya sangat mungkin! Inovasi teknologi yang terus berkembang melahirkan suatu gagasan desain yang kreatif dan efisien.

Adalah Rumah Instan Sederhana Sehat atau Risha yang dikembang oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan dikembangkan oleh Balitbang untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah.

Dikatakan rumah instan sebab Risha merupakan rumah fabrikasi berbasis sistem knock down dengan menggunakan komponen pracetak berukuran modular. Komponen utama dalam teknologi rumah instan ini terdiri dari panel struktur, panel dinding dan kosen beton. Tiap panelnya dihubungkan menggunakan mur dan baut tanpa memerlukan tambahan semen lagi. Sedangkan bagian atapnya ada yang menggunakan baja ringan atau alumunium.

Rangkaian komponen panel itulah yang memungkinkan pengerjaan struktur bangunan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Sehingga dengan meminimalisir waktu pembangunan, biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih hemat.

Pada beberapa produsen, sistem panel modular ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Misalnya untuk tipe rumah 21, 36, 45 dan bisa pula dipesan secara khusus (costumised). Komponen material pendukungnya pun bervariasi. Anda bisa memesan bata merah atau bata ringan untuk dinding.

Pengembangan rumah instan kini tak hanya dilakukan oleh Kementrian PUPR saja, sejumlah produsen logam pun ikut serta membantu penyediaan rumah instan bagi masyarakat berpendapatan rendah (MBR) atau bagi masyarakat yang memiliki modal terbatas untuk membangun rumah.

Foto : desain booth Tata Logam Lestari di pameran Perfect Home, Jakarta

LEAVE A REPLY