Homey Berkat Hijauan

Untuk menciptakan kenyamanan di seputar rumah dapat dilakukan melalui pendekatan konsep sinergi dengan memaksimalkan interaksi naik antara ruang dalam maupun ruang luar. Caranya adalah dengan membuat penyekat bidang transparan yang dapat dibuka tutup. Rumah tinggal pada cluster yang berlokasi di Bintaro-Tangerang ini contohnya.

Untuk menyesuaikan dengan iklim mikro teduh, maka desainer lanskap Jefry dan tim dari Pohon Pohon Nursery menerapkan konsep shady garden untuk mengisi celah dan mengisi ruang diantara massa bangunan.

Area pintu masuk (entrance) merupakan area paling ujung (dead end). Sebuah pohon kenanga yang sangat tinggi ditempatkan tepat di tengah. Batang pohon pada bagian bawah ditumbuhi oleh tanaman gantung paku sarang burung (Asplenium nidus) dengan karakter daun tegak ke arah atas. Untuk mengimbanginya ditanam juga paku tanduk rusa (Platycerium sp) yang tumbuhnya menjuntai ke bawah. Taman yang mengelilingi tepi jalan yang melingkar menjadi penyempurna untuk memperlunak kesan masif dinding pagar pembatas.

Komposisi heterogen terdiri dari bermacam tanaman dengan tekstur dan warna yang beragam seperti Costus, hanjuang pink, Zingiber serta ground cover dan batu koral untuk menutup permukaan tanah pada deretan terdepan. Beberapa aksesori taman seperti batu fosil, gentong keramik kuno serta lampu taman yang terbuat dari modifikasi kurungan ayam, menjadi elemen estetis pada area ini.

Desainer memanfaatkan ruang terbuka diantara kamar tidur menjadi taman yang berfungsi sebagai dekorasi agar bisa dinikmati keindahannya baik dari arah dalam kamar tidur utama maupun dari ruang makan.

Beberapa tanaman gunung yang berukuran lebih tinggi berfungsi untuk mengimbangi skala bangunan, seperti pakis tiang (Cyathea sp) dan Cycas yang memiliki lebih dari 30 cabang yang sangat unik dan langka.

Dinding kaca di ketiga bidangnya hanya ditutup dengan kerai horisontal yang bisa dibuka tutup untuk mengatur cahaya dan view ke arah taman. Interaksi ini memberi “sensasi” yang menyenangkan dan membuat suasana rumah terasa lebih homey.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

Lokasi: Rumah tinggal Lim di Bintaro
Lanskap: Jefry dan tim
Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY