Hotel Berbalut Hutan Pinus Di Kota Bandung

hotel berhias hutan pinus di Bandung

Kawasan Dago memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan lanskap berkontur dengan pepohonan yang hijau sepanjang tahun. Inilah yang menjadi “kemewahan” sebuah hotel yang berada di kompleks permukiman di Cigadung, Bandung. Menempati lahan seluas 6000 m², hotel Bumi Bandhawa hadir dengan desain hunian bernuansa “zaman dulu” dengan detail arsitektur khas art deco yang feminin. Salah satu hal yang membedakan hotel ini adalah lokasinya dikelilingi oleh deretan pohon pinus, sehingga ideal untuk tempat berkumpul maupun beristirahat.

Hotel Bumi Bandhawa

Hotel ini merupakan hasil renovasi bangunan lama yang mulanya berfungsi sebagai rumah tinggal. Demi melengkapi fasilitas hotel, pemilik lantas mendirikan sebuah bangunan baru setinggi dua lantai di halaman belakang yang bersebelahan dengan kolam renang.

Bangunan berbentuk kotak dengan atap datar ini kemudian diisi oleh 12 kamar tidur dengan tambahan kamar mandi di tiap kamar. Deretan kamar ini dilengkapi oleh teras dan balkon lebar yang dihubungkan melalui selasar terbuka.

Yang menjadikan hotel ini terlihat unik dan berbeda dibandingkan tempat menginap lainnya adalah keberadaan pohon pinus yang seolah-olah “membalut” massa bangunan. Deretan pohon pinus yang berada di halaman muka seakan menyambut kedatangan tamu menuju bangunan utama. Hal serupa juga tampak di sepanjang jalan sepanjang halaman belakang.

Pemilik hotel sengaja memanfaatkan keberadaan hutan kecil ini menjadi tempat bersantai dengan menempatkan beberapa buah tempat duduk berupa daybed diantara pepohonan. Kemudian pemilik juga menanam tanaman subtropis lain seperti bagedor dan tanaman semak. Sehingga pengunjung dapat merasakan suasana nyaman yang menenangkan.

Artikel ini disadur dari artikel “My Little Pine Forest” oleh Imelda Anwar pada majalah Smartdesign edisi Februari 2013.

Fotografer : Tri Rizeki Darusman

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY