Hunian Tropis Urban

Hunian Tropis Urban

0 12

Hunian yang diliput tim Griya Asri kali ini berlokasi di tengah kota Bandung. Pemilik rumah merupakan dokter spesialis yang memiliki sebuah klinik di pusat kota dan sengaja menempatkan huniannya di belakang bangunan kliniknya.

Karena berada di lingkungan yang padat perumahan dan dengan jalan masuk belakang yang tidak terlalu lebar, maka akan sulit untuk menikmati fasad hunian. Itulah sebabnya arsitek Alex Santoso memutuskan untuk membuat orientasi bangunan ke dalam namun dengan luas lahan yang terbatas yaitu 370 m2 ditambah dengan kebutuhan ruangan yang banyak, tentu akan sulit mewujudkannya.

Maka arsitek merancang sebuah koridor besar dengan ketinggian dua lantai pada area pintu masuk agar depth bangunan tetap dapat dirasakan dan dinikmati pada eksterior hunian.

Awalnya, arsitek diminta untuk merenovasi hunian dua lantai dengan ukuran lahan yang luasnya hanya separuh dari ukuran lahan yang sekarang. Di saat proses konstruksi sedang berlangsung, ternyata pemilik rumah berkesempatan untuk membeli lahan yang berada di sebelahnya, sehingga ukuran lahan secara keseluruhan menjadi dua kali lebih luas. Arsitek pun merancang ulang desainnya dengan membuat konsep split level agar desain baru tidak mengubah struktur yang sudah terbangun. Dengan konsep split level tersebut, pembagian area publik dan area privat pada ruang-ruang di dalam hunian menjadi lebih mudah.

Arsitek mengusung konsep tropis pada desain hunian dengan memperhatikan pemanfaatan cahaya alami melalui bukaan dan skylight, perancangan sistem ventilasi alami yang baik dengan sistem cross ventilation serta menjaga suhu di dalam ruangan dengan penggunaan atap yang tinggi.

Arsitek juga menggarap detail pada tangga yang dibuat double loaded agar dapat memberikan daya tarik. Tangga utama dibuat dengan konstruksi baja. Uniknya, satu sisi plat baja bertumpu pada balok-balok IWF, sedangkan sisi lainnya bergantung pada handrail baja yang dibungkus dengan papan kayu. Dengan demikian anak tangga terlihat tipis dan ringan.

Unsur rumah tropis juga terlihat dari pengolahan tanaman dan elemen lanskap yang berperan “melembutkan” karakter bangunan yang kaku dan sebagai “partisi hidup” untuk menjaga privasi dengan cara yang indah. Pada bagian dalam bangunan, banyak digunakan taman kering dan coral garden.

Liputan lengkap tentang “Hunian Tropis Urban” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 03, Maret 2012.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Lokasi: Kediaman di Kawasan Sukajadi, Bandung
Arsitek: Alex Santoso – Wastu Cipta Parama

Penulis: Okita Sisy Tiara
Fotografer: M. Ifran Nurdin

SIMILAR ARTICLES

4 44

1 21

27 64

NO COMMENTS

Leave a Reply