Impresi Kontemporer yang Elegan

Gagasan desain rumah tinggal ini berawal dari keinginan pemilik rumah untuk tinggal di hunian modern yang mewah dengan suasana tropis yang menyegarkan.

Desain hunian dan lanskap yang berlokasi di kompleks Solo Baru, Solo, Jawa Tengah ini dipercayakan kepada arsitek muda Mozes Iwan Mulyawan dari konsultan Mosaic.

Di tahap awal, arsitek merancang massa bangunan berbentuk huruf L di lahan seluas 1140 m² dengan pagar muka yang cenderung tertutup untuk menjaga keamanan dan privasi penghuni. Fasad hunian sengaja didesain seolah-olah terdiri dari dua massa bangunan dengan model atap yang berbeda yaitu atap perisai dan atap datar yang dihias dengan detail ornamen khas gaya kolonial sehingga tampil atraktif.

Pepohonan dan tanaman merambat berhasil mengurangi kesan masif pada area pintu masuk utama (entrance). Di halaman belakang, arsitek merancang kolam renang dan dek kayu untuk bersantai serta menata lanskap dengan pohon khas tropis.

Ruang duduk keluarga, ruang makan dan pantri ditata transparan tanpa dinding penyekat serta berorientasi ke arah halaman belakang.

Kamar tidur utama dan kamar mandi yang berada di lantai atas ditata menghadap ke arah kolam renang dan ke arah taman sehingga diperoleh pemandangan terbaik serta terhindar dari bisingnya suara lalu lintas di depan hunian.

Halaman luar dengan ruang dalam ini sebagian besar disekat oleh jendela-pintu kaca lebar agar dapat memaksimalkan sirkulasi udara segar, masuknya cahaya alami dan kontinuitas visual antarruang yang “mengalir” serta berkesan lapang.

Naik ke lantai atas, arsitek merancang area tangga yang menarik dan ruang duduk serta dua buah kamar tidur anak yang masing-masing dilengkapi oleh balkon menghadap ke arah halaman.

Rancangan tata ruang ini berhasil menciptakan kesan ruang luar yang “merangkul” ruang dalam (indoor-outdoor) dan tentu saja didukung oleh aplikasi material alami.

Arsitek banyak menerapkan kayu solid untuk menciptakan kesan “hangat” dan kesan elegan. Material alami ini juga diimbangi oleh bahan pabrikasi seperti lembaran baja bermotif floral yang dilubangi dengan laser cutting dan dipasang sebagai pelapis plafon di teras.

Untuk desain interior, pemilik rumah dan arsitek sepakat untuk menerapkan gaya modern dengan sentuhan gaya kolonial ataupun gaya klasik Eropa dan dipadu dengan aksen berupa koleksi benda seni (artwork) nan eksotik. Warna-warna alami (earth tones) terang seperti gradasi warna cokelat sampai putih gading diekspos dari material yang dipakai dalam ruangan. Kamar tidur utama didominasi oleh nuansa warna cokelat tembaga dengan kepala ranjang yang berbalut bahan suede dan dinding berlapis wallpaper motif dedaunan. Suasana yang serupa juga hadir di kamar tidur utama sedangkan kamar tidur tamu justru didominasi oleh warna putih yang elegan.

Tata cahaya (lighting) juga diolah agar suasana tampil lebih ”hidup” serta berkesan ”dramatis”.

Liputan lengkap tentang “Impresi Kontemporer yang Elegan” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 03, Maret 2012.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Lokasi: Kediaman di Kompleks Solo Baru, Solo, Jawa Tengah
Arsitektur dan Lanskap: Mozes Iwan Mulyawan dari Mosaic
Interior: Arsitek Bersama dengan Pemilik Rumah

Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: M. Ifran Nurdin

1 COMMENT

LEAVE A REPLY