Impresi Rumah Tumbuh

rumah tumbuh

Konsep rumah tumbuh dengan atap datar yang menaungi bangunan berbentuk kotak (box) merupakan konsep desain yang populer digunakan beberapa tahun terakhir ini. Selain terkesan simple dan modern, konsep ini juga memungkinkan pemilik rumah untuk “meneruskan” pembangunan tanpa perlu membongkar struktur bangunan. Maka biaya renovasi pun jadi lebih murah dan efisien.

Konsep inilah yang digunakan arsitek Samuel Kusuma dari DesaDisain dalam mengerjakan hunian di wilayah Cikarang. Hunian dua lantai yang berdiri di atas lahan seluas 285 meter persegi ini memiliki bentuk persegi panjang yang dinaungi oleh sebidang atap ringan.

Menurut Samuel, konsep rumah tumbuh disini diartikulasikan sebagai proses berangkat dari dasar. Artinya, pada eksekusinya ia sengaja menampilkan ekspresi finishing bangunan yang dasar dan cukup, seperti finishing beton ekspos ataupun pilihan warna putih yang mendominasi beberapa bidang dinding.

Focal point pada fasad depan bangunan justru tertuju pada dinding pagar pembatas yang terdiri dari susunan rooster cetak yang disusun secara acak. Bidang tersebut sekaligus menjadi pembatas visual dari arah luar ke arah dalam. Untuk mengakses area teras dan entrance, arsitek lantas membangun ramp dan tangga yang bermaterial batu alam slate berukuran 15 cm x 15 cm.

Foto : Tri Rizeki Darusman

1 COMMENT

LEAVE A REPLY