Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Seperti negara-negara di Benua Eropa lainnya, Belgia juga memiliki objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya, Royal Greenhouses of Laeken atau taman Keluarga Raja Belgia. Namun, jika ingin ke sana, Anda harus pintar memilih waktu karena taman tersebut hanya dibuka tiga minggu dalam setahun, tepatnya saat musim semi ketika bunga aneka warna bermekaran.

Taman yang dalam bahasa Perancis disebut Serres Royales de Laeken ini menjadi salah satu atraksi khusus di Brussel, ibu kota Belgia. Lokasinya berada di Laeken, di bagian utara Brussel, dekat dengan Istana Laeken. Taman yang juga sekaligus tempat istana ini memiliki luas mencapai 2,5 hektare. Biasanya, taman akan bisa dikunjungi pada dua minggu terakhir di bulan April hingga minggu pertama bulan Mei dengan harga tiket sekitar 2,50 Euro per orang dan gratis untuk pengunjung berusia di bawah 18 tahun.

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Memasuki taman dari pintu utama Istana Laeken, pengunjung akan menemui rumah-rumah kaca yang merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Setelahnya, Anda dapat mengunjungi Orangery, ruang panjang tempat menyimpan pohon jeruk, Laurel, Rhododendron, dan Camelia di musim dingin. Tak lama, pengunjung memasuki Theatre Greenhouse, rumah kaca tanpa tanaman yang dilengkapi dengan mesin teater Italia.

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Tidak berhenti sampai di sana, deretan rumah kaca lainnya juga masih bisa dikunjungi. Ada Palm Greenhouse yang diisi oleh pohon palem, pisang, pakis, dan tanaman hijau dengan atau tanpa bunga. Tidak lama kemudian, pengunjung akan sampai di Azalea Greenhouse yang dibangun pada tahun 1885. Di sini ada berbagai tanaman Azalea, Azalea putih, merah muda, kuning, dan oranye ditata berselang-seling dengan air pancuran, batu, atau kayu.

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Di taman ini, pengunjung juga dapat melihat pemandangan lorong yang cantik dengan dua bagian Geranium Gallery dan Diana Greenhouse berada di tengahnya. Kanan kiri lorong ditumbuhi aneka varietas Geranium dan Heliotrope, sementara di atasnya menjuntai Fuchsia warna-warni. Di ujungnya, pengunjung akan bertemu turunan ke arah Underground Gallery yang menampilkan bermacam tanaman pakis.Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Lalu, menaiki tangga pengunjung akan sampai di Embarcadere Greenhouse yang di bagian tengahnya berjajar pot-pot bunga Medinilla merah muda. Masih ada Congo Greenhouse yang bisa dilihat, rumah kaca ini merupakan salah satu yang paling luas dan bagian tengahnya banyak ditumbuhi pakis yang tingginya mencapai  2 m. Terakhir, ada Winter Garten, rumah kaca pertama yang dibangun untuk Raja Leopold II, dihuni oleh pohon palem, pakis, dan tanaman berbunga.

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Indahnya Taman Keluarga Raja Belgia

Artikel ini ditulis kembali dari artikel Majalah Griya Asri Edisi Oktober 2014, “Menikmati Keindahan Taman Keluarga Raja Belgia” oleh Irawati Prillia.

Fotografer: Irawati Prillia

LEAVE A REPLY