oleh

Ingin Cat Ulang, Bagaimana Membuang Cat Lama?

Mengecat ulang rumah merupakan hal yang dilakukan rutin setiap 3-5 tahun. Jika cat lama masih dalam keadaan baik dan warna yang digunakan masih sama, tidak perlu mengupas cat lama. Akan tetapi, bagaimana jika sebaliknya?

Pengupasan cat bertujuan untuk membuat cat baru tampil lebih baik, terutama jika cat sebelumnya bermasalah. Walaupun cat masih baik namun warnanya berbeda, cat tetap harus dikupas. Tujuannya adalah agar warna cat tidak bercampur.

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengupas cat. Berikut ini adalah caranya!

Buang Cat Lama dengan Kape

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kape. Kerok seluruh permukaan dinding yang akan dicat, lalu amplas hingga sisa-sisa cat hilang. Setelah Itu, lap permukaan tembok dengan kain basah untuk membersihkan serpihan cat dan debu. Biarkan hingga tembok mengering.

Buang Cat Lama dengan Thinner

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan thinner jenis epoxy. Balurkan thinner ke permukaan dinding dengan bantuan kuas lalu kelupas cat lama dengan kape. Setelah itu, ampelas permukaan tembok yang sudah dikelupas hingga bersih.

Buang Cat Lama dengan Paint Remover

Cara yang terakhir adalah menggunakan paint remover. Aplikasikan ke permukaan tembok yang akan dikelupas. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga cat menggelembung, lalu kerok dengan kape. Bilas permukaan tembok dengan air untuk menghilangkan sisa cairan paint remover. Diamkan tembok sampai benar-benar kering, antara 2-3 hari sebelum melakukan pengecatan ulang.

About Author: Roria Simorangkir

Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed