Ingin Memulai Bisnis Rumah Sewa?

bisnis sewa rumah
Foto: startups.co.uk

Bisnis properti selalu menggiurkan karena keuntungannya yang besar dan harganya yang selalu naik. Menyewakan rumah atau apartemen merupakan salah satu cara untuk berbisnis properti. Akan tetapi, tidak memiliki rumah kerap menjadi halangan seseorang untuk memulai usaha ini.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini tapi belum memiliki modal, ada cara mudah untuk melakukannya. Anda dapat memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Berikut ini adalah langkah-langkahnya!

Pilih Lokasi yang Strategis

Bukan hanya berdekatan dengan pusat ekonomi. Lokasi yang strategis berhubungan dengan aksesibilitas, lokasi bebas banjir, jauh dari SUTET, dan lainnya. Selain itu, pastikan juga perumahan tersebut memiliki fasilitas air bersih dan listrik. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, rumah yang akan Anda beli sudah masuk dalam criteria layak mendapatkan KPR.

Hubungi Pemilik dan Pengembang

Jika sudah mendapatkan rumah yang tepat, hubungilah pemilik atau pengembang rumah tersebut. Tanyakan apakan pembayaran dapat dilakukan dengan KPR. Jika dapat membayar dengan KPR, segera ajukan ke bank.

Jika KPR Anda sudah disetujui, mulailah dengan membayar uang muka sebesar 30% dari harga rumah. Beberapa bank juga menawarkan pembayaran DP yang bisa diangsur beberapa tahap.

Bayar Cicilan KPR dari Sewa Rumah

Jika KPR yang Anda ajukan sudah disetujui, mulailah untuk memasukkan rumah tersebut ke dalam listing properti. Dari situ, calon penyewa akan datang. Jika sudah ada penyewa, Anda dapat membayar KPR Anda menggunakan uang sewa tersebut. Jika uang sewa lebih besar dari cicilan, Anda mendapat keuntungan dari selisih tersebut.

Selamat mencoba!

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY