oleh

Ingin Rumah Tampil Beda? Terapkan Desain Plafon Miring!

Langit-langit atau plafon adalah salah satu bagian penting yang berguna sebagai penutup dari sebuah bangunan. Namun, dengan semakin berkembangnya dunia arsitektur, plafon kini tak hanya sebatas pelindung, tetapi juga berperan sebagai elemen percantikan ruang melalui permainan bentuk plafon. Desainnya pun tak lagi sebatas plafon datar saja, para arsitek mulai mengembangkan desain ke berbagai bentuk plafon, diantaranya adalah desain plafon yang mengikuti kemiringan atap.

Plafon Miring

Coba saja tengok plafon pada salah satu penginapan di Bandung berikut ini. Beberapa plafon pada bangunan ini tampil atraktif dengan permainan bentuk yang menarik. Sebagian plafon dibagi menjadi dua sisi yang saling berhadapan dan menyisakan sedikit bagian datar di tengahnya sehingga memberi kesan seolah-olah bentuk atap terekspos.

Selain itu, ada juga plafon yang memiliki cerukkan di bagian tengah. Cerukan tersebut dibuat menerus hingga ke bagian dinding, sehingga tampilannya seolah-olah menyatu dengan jendela. Hadirnya jendela berguna untuk memasukkan cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara.

Ada banyak hal yang harus diperhatikann jika Anda tertarik membuat plafon miring. Misalnya, jenis bahan yang digunakan, ukuran tiap sisi plafon, dan jarak antara satu sisi plafon dengan sisi lainnya. Tinggi rumah atau ruang juga merupakan faktor penting yang tak dapat diabaikan. Pasalnya hal itu berpengaruh pada sirkulasi udara dan kenyamanan ruang di dalamnya. Umumnya, tinggi plafon sebuah ruang berkisar antara 2, 80 m – 3, 80 m.

Selain plafon miring, Anda juga bisa mencoba berbagai bentuk lainnya untuk memaksimalkan tampilan rumah. Apapun desain plafon yang Anda pilih, pastikan desainnya sesuai dengan konsep arsitektur bangunan secara menyeluruh agar rumah terasa nyaman.

Penulis : Azuwit Gani / Astri Diana
Foto : Ahkamul Hakim
Lokasi : Cottonwood Bed and Breakfast, Bandung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed