Ini Dia Caranya Agar Dapur Terbebas Dari Udara Panas!

dapurSebagai tempat untuk menyiapkan dan mengolah bahan makanan, dapur rentan sekali terkena noda kotoran dan bau tak sedap. Bayangkan seperti apa rasanya jika dapur tidak memiliki bukaan untuk mengalirkan udara panas dan bau masakan ke luar? Bukan saja menyebabkan ketidaknyamanan saat memasak, tetapi juga mengganggu ruangan lain di sekitarnya. Itulah sebabnya penting untuk membuat sirkulasi udara atau penghawaan yang baik di dapur, agar udara panas dapat berputar sehingga ruanganpun tidak terasa pengap.

Selain sirkulasi udara, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mengurangi udara panas yang berputar di dapur. Salah satunya adalah memasang plafon yang lebih tinggi dengan model atap jack roof (atap bertingkat). Manfaatkan lubang antar atap untuk dijadikan bukaan aliran udara panas. Selain itu, Anda juga bisa melapisi bagian bawah atap seng menggunakan spon.

Nah, jika tidak memungkinkan membuat bukaan di area dapur, Anda bisa menggantinya dengan memasang cookerhood. Alat yang berbentuk seperti cerobong asap ini berguna untuk menyerap udara panas dan bau tak sedap yang ditimbulkan saat proses memasak. Anda juga bisa menempatkan exhaust fan di sudut ruang untuk memutar udara di dalamnya, sehingga dapur tetap terasa nyaman meskipun sedang memasak.

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY