Inspirasi Desain Space Saving untuk Rumah

Konsep space saving mulai menjadi pilihan tatkala ruang dan lahan semakin terbatas. Berbagai ide dan desain banyak diterapkan untuk menghemat lahan, tetapi di saat bersamaan tetap memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Desainnya pun tak kalah menarik, bahkan tampilan rumah dapat lebih unik saat orang tahu benda yang tersimpan di balik dinding atau lemari. Ingin mecoba untuk menerapkannya di rumah? Ada banyak bentuk desain yang bisa dicoba pada berbagai furnitur. Tak percaya? Berikut inspirasi desain space saving yang bisa diaplikasikan di rumah.

Menyatu dengan Storage

Jika tempat tidur dan storage terlalu memakan tempat di ruangan, kenapa tak menyatukannya saja? Desainlah sebuah tempat tidur berbentuk persegi dengan ketinggian tertentu, bagian atasnya dapat digunakan untuk meletakkan tempat tidur dan seluruh sisinya didesain sebagai storage. Bentuk pula salah satu sisinya sebagai tangga. Menarik, bukan?

Dua Fungsi

Banyak desain yang bisa dieksplorasi untuk mendapat fungsi lebih maksimal. Seperti furnitur berikut ini, desain sandaran tangan dibuat memanjang ke belakang dan membentuk meja. Pada akhirnya, furnitur ini bisa memiliki dua fungsi tanpa harus banyak memakan tempat.

“Simpan” Tempat Tidur

Untuk bisa menghemat lebih banyak ruang, desain dan interior rumah harus memikirkan alternatif ruang tersembunyi. Ruang ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan furnitur atau benda. Salah satu yang kini umum “disimpan” ialah tempat tidur. Hanya saat diperlukan tempat tidur dikeluarkan lalu disimpan saat beraktivitas di pagi hari. Ruang yang tersedia pun menajdi lebih luas.

Manfaatkan Dinding

Jika sebelumnya menyimpan tempat tidur di lantai rumah, tempat lainnya pun bisa digunakan untuk tujuan yang sama. Salah satunya dinding. Mengikuti tinggi dinding, tempat tidur yang disimpan pun bisa bertambah dan membuatnya menjadi bunk bed yang bisa digunakan untuk anak-anak.

Foto: amazinginteriordesign

LEAVE A REPLY