oleh

INSPIRASI FURNITURE RECYCLE DARI BANGKAI KAPAL

IMG_6743.JPG
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)
IMG_6744.JPG
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)

PENGGUNAAN bahan-bahan recycle atau daur ulang sudah tidak terdengar asing lagi dalam dunia furniture saat ini. Hal ini dikarenakan sifatnya yang ramah lingkungan serta penampilannya yang unik dan anti mainstream sehingga menguntungkan dalam segi bisnis. Namun bagaimana kalau bahan-bahan recycle yang digunakan berasal dari bangkai kapal yang sudah tidak terpakai lagi?

20160521_095149.jpg
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)
20160601_160439.jpg
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)
20160122_110856.jpg
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)

Di tangan pengerajin-pengerajin kreatif, bahan kayu kapal bekas nelayan tersebut disulap menjadi produk-produk furniture seperti meja, kursi, rak, lemari, dll. yang memiliki nilai estetika tinggi dan bernilai jual tinggi Pengolahan furniture dari bahan kayu kapal sendiri banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Bali.

Peminatnya sendiri pun sebagian besar berasal dari benua Eropa seperti Belanda, Jerman, Itali, serta Perancis. Di luar sana, furniture berbahan daur ulang kayu kapal sangat terbatas sehingga sangat dihargai, walaupun dengan harga yang tinggi.

Furniture berbahan kayu kapal ini terbilang unik, karena membiarkan karakteristik alami dari kayu kapal itu sendiri seperti, lubang-lubang pada permukaan kayu, warna cat yang telah mengelupas, bekas oli, bahkan karang-karang yang masih menempel sengaja dibiarkan agar tetap terlihat alami .

Karakteristik lain dari kayu kapal itu sendiri adalah bahannya yang sangat kuat. Kayu yang digunakan dalam pembuatan kapal merupakan kayu pilihan, sehingga mampu bertahan ketika digunakan berlabuh. Selain itu, karena sering terendam air laut membuat kayu kapal mampu tahan terhadap serangan rayap.

Kesan rustic dan antik sangat menarik dipadukan untuk hunian pribadi, restoran, cafe, sampai ruang komersial lainnya. Desainnya yang sederhana membuatnya mudah untuk dikombinasikan dan diterapkan pada interior bertema apa saja.

20161121_110215.jpg
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)

Karena kelebihan-kelebihan tersebut, bahan daur ulang kayu kapal sangat cocok apabila dijadikan sebagai elemen interior yang artistik dan juga fungsional. Apakah anda tertarik menggunakan furniture berbahan kayu kapal ini?

20170814_090440.jpg
Dokumentasi penulis (Justin Holiyanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed