oleh

Inspirasi Mendesain Kafe Bertema Industrial

Desainnya yang sophisticated dan edgy membuat desain industrial menarik perhatian, dan banyak digunakan dalam desain interior rumah, kantor, serta restoran dan kafe. Belakangan, mulai marak kafe bermunculan mengusung konsep desain industrial. Konsep desain industrial dalam interior memang telah menjadi tren beberapa tahun terakhir. Desainnya yang tampak kekinian sangat sesuai dengan jiwa anak muda, sehingga membuat anak muda akan betah berlama-lama di kafe baik untuk menyelesaikan pekerjaan, bertemu dengan klien, atau sekadar nongkrong bersama teman.

Jadi, jika Anda sedang terpikir membuat kafe dan Anda bingung memilih konsep kafe seperti apa yang ingin Anda buat, desain industrial bisa menjadi jawabannya! Desain ini dekat dengan konsep minimalis, sehingga Anda harus menghindari banyaknya furnitur di dalam kafe. Material yang umumnya digunakan ialah baja, logam atau metal dan kayu. Untuk Mendapatkan “warehouse look” yang tepat di kafe Anda berikut ini elemen-elemen yang harus Anda perhatikan.

 

Kontainer

Kontainer atau peti kemas menjadi ciri yang kuat dan bisa menjadi centerpiece di kafe bertema industrial yang Anda punya. Peti kemas ini bisa Anda aplikasikan sesuai selera, apakah untuk bentuk eksterior atau untuk interior. Di interior, kontainer bisa Anda terapkan di bagian tempat memesan, atau dalam bentuk terbuk, tidak utuh, misalnya saja, permukaan bergelombanganya menjadi lapisan dinding kafe.

 

Material Ekspos

kafe

Dalam desain industrial material ekspos menjadi unsur yang cukup penting untuk membangun ambience ruang secara keseluruhan. Material raw seperti dinding batu bata yang diekspos dan lantai dengan acian semen yang tampil natural memperlihatkan kesan unifinshed.

Recycled Stuff

kursi dari tong

Perilaku ramah lingkungan dapat diaplikasikan melalui penggunaan material daur ulang. Material ini dapat menguatkan kesan dan atmosfer industrial di kafe Anda. Anda bisa menerapkan material daur ulang untuk furnitur dan elemen dekoratif di kafe Anda, seperti contohnya memodifikasi tong menjadi kursi.

 

Pipa-Pipa

Yang menjadi daya tarik selain kontainer dalam desain ini adalah pipa-pipa yang dibiarkan terlihat. Pipa menjadi elemen yang perlu diekspos untuk menambah kesan ala pabrik di kafe Anda. Anda bisa membiarkan pipa-pipa terlihat di beberapa bagian, seperti dinding dan atap. Perlu diingat jangan sampai pipa-pipa ini melintang di lantai yang dapat menyulitkan dan mengganggu tamu kafe ketika berjalan.

Warna Natural

kafe industrial

Pada umumnya warna yang menonjol dalam dekorasi desain interior industrial adalah warna-warna yang natural dan asli apa adanya. Desain industrial merangkum dominasi warna netral seperti putih, abu-abu, cokelat dan hitam. Untuk Anda yang senang dengan desain yang colorful, Anda bisa menambahkan warna yang lebih terang dan bold seperti kuning, merah, oranye dan hijau di beberapa bagian, misalnya di kontainer.

Ornamen Industrial

lampu-kafe

Jangan lupakan bagian-bagian kecil yang menjadi detail dari kafe berkonsep industrial Anda. Elemen-elemen pendukung seperti lampu juga harus disesuaikan dengan desain industrial, misalnya seperti menggunakan lampu yang kabelnya terlihat menjuntai atau lampu pipa.

Foto: Tri Rizeki

About Author: Aprillia Ramadhina

Jurnalis, editor dan penulis yang gemar melukis. Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 2011. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi. Buku yang telah ditulis: "Turn on the Radio" (Bukune, 2015). Email: aprillia.dhina@hotmail.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

News Feed