Inspirasi Mobil Balap Pada Rumah


Karena pemilik rumah berkecimpung di dunia otomotif, konsep mobil balap diterapkan di rumah ini untuk mencerminkan karakter pemilik.

Salah satu hal yang menarik dari rumah ini adalah layout rumah. Di atas kavling yang berbentuk L dan memanjang ini, layout ruang dibuat dengan bentuk S. Bentuk tersebut dipilih untuk menunjukkan bentuk tikungan di sirkuit balap.

Beberapa sisi dinding dibuat miring untuk memberikan ekspresi menikung dalam aksi balap. Tidak heran bagian dalam rumah menghasilkan pengalaman ruang yang berbeda. Setidaknya setiap ruang yang ada di dalam rumah memiliki datu dinding dengan posisi tidak tegak.

Wajah bangunan dirancang agar memberi kesan bergerak dalam kecepatan tinggi. Pengaplikasiannya adalah melalui panel-panel beton dengan pola horisontal. Di antara panel-panel beton horisontal tersebut dipasang kaca sebagai bukaan.

Bukaan yang lain ditambahkan pada bidang dinding yang berukuran kecil. Bukaan tersebut berupa jendela dengan kaca mati. Bukaan ini berfungsi untuk mengoptimalkan cahaya yang masuk ke dalam bangunan.

Melihat bagian dalamnya, rumah ini didominasi oleh material kayu dan beton. Aplikasi beton banyak ditemukan pada bagian dinding bangunan. Kayu diaplikasikan di lantai, perabot, dan detail-detail seperti kusen. Sedangkan untuk bagian plafon didominasi oleh material gipsum dengan warna putih.

Secara keseluruhan, bangunan ini menghasilkan kesan yang dinamis sesuai dengan konsep yang diambil, mobil balap. Walaupun terbuat dari kayu dan beton, rumah ini tidak menghasilkan kesan berat.

Disadur dari artikel Racing In Speed oleh Imelda Anwar, Majalah Griya Asri edisi September 2012.

Foto: M. Ifran Nurdin
Desainer: Arie Wibowo
Kontraktor: Pemilik Rumah dan Senna Supono

SHARE
Previous articleMasa Lalu dan Masa Kini dalam Satu Rumah
Next articleTerbang ke Aceh dengan Cinta
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

LEAVE A REPLY